MEDIAJURNAL » Bisnis » 12 Orang Coba Bunuh Diri Massal Karena Jadi Korban Investasi Bodong

12 Orang Coba Bunuh Diri Massal Karena Jadi Korban Investasi Bodong

Written by on |
Teller Bank Menghitung Uang

Teller Bank Menghitung Uang / bisnis.com

Pelaku penipuan dengan modus investasi bodong tak hanya marak terjadi di Indonesia, kejahatan seperti itu juga sering terjadi di China dalam beberapa tahun ini. Salah satu kasus terbaru adalah investasi bodong yang dilakukan oleh pengusaha bernama Ma Aibin.

Lewat perusahaan investasi abal-abalnya, Aibin menghimpun dana dari warga China hingga akhirnya kedoknya ketahuan. Malangnya, 12 orang dari para korban Aibin putus asa dan mencoba bunuh diri secara bersama-sama pada Minggu (4/1/2015) di sebuah Gedung Dinas Pengembangan Daerah, Kota Shuozhou, di Provinsi Shanxi.

Beruntung aksi bunuh diri masal itu berhasil diketahui oleh polisi setempat dan akhirnya ke-12 orang itu bisa dibujuk untuk mengurungkan niat bunuh dirinya. Polisi yang berhasil menghentikan aksi bunuh diri itu menerangkan bahwa ke-12 orang itu menganggap pemerintah China tak menanggapi serius kasus Ma Aibin.

Advertisements

“Ketika ditanya mengapa ingin bunuh diri berbarengan, mereka bilang merasa diabaikan pemerintah,” kata polisi itu, dilansir Business Standard, Senin (5/1/2015).

Ke-12 korban penipuan Aibin mengaku telah menyerahkan hampir seluruh harta yang dimiliki ke perusahaan investasi abal-abal Ma Aibin. Mereka berharap Pemerintah tidak lagi acuh terhadap nasib mereka dan segera mengusut tuntas kasus penipuan yang dilakukan Ma Aibin

Pejabat berwenang setempat akhirnya mau mengusut kasus itu. Sebagai langkah awal, ke-12 korban dimintai keterangan awal mula penipuan itu terjadi. “Setelah batal bunuh diri, mereka diajak membicarakan kronologi kasus dengan pejabat setempat,” tutup polisi tersebut.

Related Posts.

Leave a Reply