MEDIAJURNAL » Nasional » Wasekjen PAN: Pilpres Langsung Dihapus, Presiden Dipilih Anggota MPR

Wasekjen PAN: Pilpres Langsung Dihapus, Presiden Dipilih Anggota MPR

Written by on |
Gedung DPR

Gedung DPR / nrmnews.com

Setelah berhasil menghapus pemilihan kepala daerah secara langsung dan menggantinya dengan pilkada melaui DPRD, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih kini mempunyai wacana untuk menghapus pemilihan presiden secara langsung dan menggantinya dengan pemilihan presiden oleh MPR.

Herman Kadir, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional menyatakan bahwa pemilihan presiden secara langsung perlu dihapuskan bila pada praktinya hanya menimbulkan konflik di masyarakat, menurutnya, tak ada salahnya presiden dipilih kembali oleh anggota MPR seperti jaman orde baru.

“Kalau pilpres langsung menimbulkan konflik, saya pikir harus dicabut, presiden dipilih kembali lewat MPR,” kata Herman seperti dilansir tempo.co, Minggu (28/9/2014).

Advertisements

Menurut Herman, pemilihan presiden secara langsung adalah produk barat yang belum tentu cocok dengan Indonesia. Herman mengaku pernah mengusulkan amendemen Undang-Undang Dasar 1945 soal pemilihan presiden agar kembali lewat MPR. “Saya salah satu yang paling keras mengusulkan, tapi tidak disepakati,” katanya

Sementara itu, Hayono Isman, Anggota Fraksi Partai Demokrat mengatakan, peluang bagi Koalisi Merah Putih untuk mengamendemen Undang-Undang Dasar 1945 tentang pemilihan presiden agar kembali lewat MPR bisa saja terjadi dan bukanlah perkara yang sulit.

“Kalau Koalisi Merah Putih bisa menguasai DPRD dan kepala daerah, menguasai MPR pun bisa. Maka, melakukan amendemen mudah sekali,” katanya.

Berikan Komentar