MEDIAJURNAL » Kriminal » Warga Main Hakim Sendiri Bakar Begal Motor Bisa Saja Masuk Penjara

Warga Main Hakim Sendiri Bakar Begal Motor Bisa Saja Masuk Penjara

Written by on |
Begal Motor Dibakar

Begal Motor Dibakar / metrotvnews.com

Selasa (24/2/2015) lalu, warga Jalan Ceger Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan berhasil menangkap seorang pelaku pencurian dengan kekerasan atau begal. Begal itu akhirnya dihakimi warga dengan cara dibakar hingga tewas.

Aksi main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga mengundang tanggapan beragam dari masyarakat. Banyak yang mendukung aksi tersebut, namun tak sedikit pula yang menyayangkan aksi main hakim sendiri itu. Salah satu yang menyayangkan aksi tersebut adalah Kriminolog Arthur Josias Simon.

Simon mengatakan, aksi main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga Pondok Aren malah bisa membawa mereka dalam jeratan pidana. Warga pelaku pembakaran bega motor bisa dijerat pasal Pasal 351 ayat 2 tentang penganiayaan dengan ancaman hukuman penjara paling lama lima tahun jika mengakibatkan luka berat.

Advertisements

“Mereka bisa dikenakan pasal penganiayaan atau pembunuhan,” ungkap Arthur Josias Simon dikutip dari Tempo.co, Kamis (26/2/2015).

Sementara itu, Komisaris Besar Heru Pranoto, Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metro Jaya, pada Selasa (24/2/2015) lalu juga mengungkapkan keprihatinannya atas aksi main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga.

Polisi masih menyelidiki kasus tersebut, guna mengungkap dugaan adanya provokasi dalam aksi tersebut. “Kami akan selidiki dugaan adanya provokasi dalam pembakaran pelaku tersebut. Karena tidak diperbolehkan main hakim sendiri,” kata Heru Pranoto.

Heru mengatakan, dengan aksi main hakim sendiri warga, polisi malah akan kesulitan mengungkap jaringan begal motor tersebut. Dia menghimbau, bila di kemudian hari warga berhasil menangkap begal motor lagi, maka harap diserahkan ke polisi.

“Kami jadi susah ungkap tiga pelaku lainnya, karena pelaku yang tertangkap sudah tewas dan belum diketahui identitasnya. Serahkan ke pos polisi kalau belum ada anggota di lokasi,” pungkasnya.

Berikan Komentar