MEDIAJURNAL » Dunia » Warga Indonesia Bebas Visa Kunjungan ke Jepang per 1 Desember 2014

Warga Indonesia Bebas Visa Kunjungan ke Jepang per 1 Desember 2014

Written by on |
Visa Kunjungan

Visa / travisa.com

Mulai tanggal 1 Desember 2014 nanti, warga negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke Jepang dibebaskan dari visa kunjungan. Kabar ini diumumkan sendiri oleh Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang di Tokyo, pada Selasa (30/9/2014).

Sesuai dengan namanya ‘bebas visa kunjungan’ maka kebijakan ini berlaku hanya untuk WNI yang berkunjung ke jepang dengan tujuan bukan untuk bekerja. Untuk mendapatkan bebas visa kunjungan WNI harus menggunakan paspor yang memiliki IC serta didaftarkan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau di Konsulat Jenderal Jepang yang ada di Indonesia.

Seperti diberitakan beritasatu.com, Selasa (30/9/2014), pemerintah jepang juga mengumumkan pemberlakuan visa “multiple entry” ke Jepang untuk masa selama lima tahun, ini merupakan pembaruan dari visa “multiple entry” sebelumnya yang hanya berlaku tiga tahun.

Advertisements

Yusron Ihza Mahendra, duta besar Indonesia untuk Jepang menyambut baik kebijakan baru pemerintah jepang ini. “Dengan adanya pengumuman itu, kepastian tentang bebas visa ke Jepang yang dtunggu-tunggu masyarakat Indonesia, sudah menjadi jelas dan pasti,” ucap Yusron.

Yusron berharap dengan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Jepang untuk WNI yang ingin berkunjung ke Jepang dapat meningkatkan minat orang Indonesia untuk mempelajari tentang Jepang sehingga wawasannya bisa lebih luas lagi.

Berikan Komentar