MEDIAJURNAL » Lifestyle » Wanita Menyusui Bisa Terhindar dari Kanker Payudara yang Mematikan

Wanita Menyusui Bisa Terhindar dari Kanker Payudara yang Mematikan

Written by on |
Ibu Menyusui

Ibu Menyusui / telegraph.co.uk

Tak sedikit wanita atau ibu muda enggan menyusui bayinya sendiri lantaran takut bila payudaranya kendor setelah menyusui. Tahukah mereka bahwa menyusui bayi itu memiliki banyak manfaat untuk sang anak dan juga sang ibu?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa anak yang disusui ibunya akan mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada anak yang tidak disusui ibunya. Anak yang disusui ibunya secara langsung juga akan terhindar dari infeksi, alergi, dan obesitas.

Adapun untuk sang Ibu, menyusui bisa menurunkan berat badan yang sebelumnya naik signifikan saat hamil. Tak hanya itu saja, menyusui seorang anak juga bisa mengurangi resiko wanita terkena kanker payudara.

Advertisements

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Washington University School of Medicine menunjukan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena jenis kanker payudara yang mematikan.

“Yang paling penting adalah bahwa menyusui bisa melindungi wanita dari jenis kanker payudara yang paling berbahaya, yang hingga saat ini sulit disembuhkan dan memiliki perawatan yang terbatas,” kata Dr Graham Colditz, ketua penelitian tersebut, dikutip dari Daily Mail, Kamis (11/12/2014).

Dr Graham Colditz menjelaskan bahwa aktivitas menyusui bisa mengurangi tingkat hormon estrogen yang bisa memicu kanker payudara. Selain itu, proses produksi ASI juga bisa menghentikan sel kanker agar tidak terbentuk.

Berikan Komentar