MEDIAJURNAL » Dunia » Vladimir Putin Diduga Dalang Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370

Vladimir Putin Diduga Dalang Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370

Written by on |
Jeff Wise dan Landasan Yubileyni Baikonur

Jeff Wise dan Landasan Yubileyni Baikonur / huffpost.com

Hampir satu tahun berlalu, Pesawat Malaysia Airlines berkode MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing yang hilang masih menyisakan misteri. Pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014 itu selama ini dipercaya terbang ke arah selatan dan jatuh di Samudera Hindia.

Namun baru-baru ini, sebuah teori konspirasi baru muncul, pesawat berpenumpang 239 orang itu diduga dibajak dan tidak terbang ke selatan, melainkan terbang ke utara dan mendarat di sebuah landasan pesawat bernama Yubileyniy yang masih menjadi bagian dari Kosmodrome Baikonur, Kazakhstan.

Teori baru ini dikemukakan oleh Jeff Wise, seorang jurnalis Amerika Serikat yang dikenal sebagai peneliti hilangnya MH370 ini. Teori pembajakan pesawat buatan Boeing bertipe 777-200ER itu dia sampaikan dalam sebuah buck berjudul “The Plane That Wasn’t There” yang dirilis bulan lalu dalam bentuk e-book.

Advertisements

Menurut Jeff, pesawat Malaysia Airlines MH37 dibajak oleh pihak Rusia atas perintah Presiden Rusia Vladimir Putin. Teori Jeff mengatakakan, setelah pesawat berhasil mendarat di Baikonur, pesawat itu dikubur di tempat tersebut. Lokasi penguburan sendiri terlihat dari foto terbaru tempat tersebut yang menunjukan ada sebidang tanah bekas dibulldozer.

Seperti diketahui, Kosmodrome Baikonur sendiri hingga saat ini masih disewa oleh Rusia untuk meluncurkan pesawat luar angkasa. Sedangkan landasan Yubileyniy, yang diyakini Jeff sebagai lokasi dikuburkannya pesawat Malaysia Airlines MH370, sudah puluhan tahun tidak aktif, namun landasan itu aktif kembali menjelang bulan Maret 2014.

Perihal ping pesawat yang menunjukan bahwa pesawat tersebut terbang ke selatan, menurut Jeff, hal itu bisa saja dipalsukan. “Jawabannya mudah. Pesawat pasti terbang ke utara,” katanya, dikutip dari JPNN, Kamis (5/3/2015).

Untuk pelaku pembajakan, Jeff menduga pelakukan adalah dua agen rahasia Rusia yang menyamar menjadi penumpang berkebangsaan Ukraina. Kedua penumpang itu ada di daftar penumpang MH370, meski Jeff sendiri tidak punya bukti kuat bahwa mereka berdua adalah pelakunya. “Tidak ada bukti bahwa orang-orang ini membajak pesawat,” katanya.

Berikan Komentar