MEDIAJURNAL » Dunia » Video Kuda Terbang di Jeddah Arab Saudi Cuma Hoax dari Balon Mainan

Video Kuda Terbang di Jeddah Arab Saudi Cuma Hoax dari Balon Mainan

Written by on |
Hoax Kuda Terbang Jeddah

Hoax Kuda Terbang Jeddah / Youtube

Dunia maya beberapa hari ini dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan penampakan sosok makhluk yang diduga kuda hitam terbang di atas langit kota Jeddah, Arab Saudi. Video yang menghebohkan itu diyakini pertama kali diunggah ke internet oleh seorang muslim Filipina bernama Angel Louise Dela Cruz, pada Sabtu, 25 November 2014 silam.

Video itu lalu menjadi viral di Facebook hingga dibagikan tak kurang 50.597 pengguna Facebook. Pada Senin, 27 November 2014, video tersebut diunggah ulang ke Youtube oleh pemilik akun Pinoy Favz dan diberi judul Flying Black Horse in Jeddah, Saudi Arabia, dan lagi-lagi menjadi sangat viral.

Hingga hari ini, Kamis (4/12/2014), video di Youtube itu telah ditonton 1.107.213 orang. Banyak neter muslim yang menghubung-hubungkan kuda dalam video tersebut adalah Buraq, kendaraan yang dipakai Nabi Muhammad saat Isra’ Mi’raj.

Advertisements

Apakah kuda dalam video tersebut sebuah penampakan, atau hanya sebuah fenomena yang sengaja didesain oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk mencipatakan kehebohan di dunia maya? Berdasar penelitian yang dilakukan para debunker, sebutan untuk orang yang biasa melakukan bantahan terhadap klaim kepercayaan atau mitos, video tersebut dinyataan Hoax belaka.

Kuda hitam terbang yang nampak dalam video menghebohkan itu hanyalah sebuah mainan balon berbentuk kuda yang bisa dibeli di toko mainan anak-anak di Arab Saudi. Balon kuda tersebut bisa bergerak terbang lantaran cuaca yang sedang hujan disertai angin yang kencang, dengan sedikit bantuan tali, tak sulit membuat kuda tersebut seolah-olah berjalan di langit.

Berikan Komentar