MEDIAJURNAL » Advertorial » Upaya Tanoto Foundation Dalam Mempersiapkan Masa Depan Indonesia

Upaya Tanoto Foundation Dalam Mempersiapkan Masa Depan Indonesia

Written by on |
Tanoto Foundation

Tanoto Foundation

“Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang Dunia!” ~Soekarno.

Masa depan sebuah bangsa tergantung terhadap generasi mudanya. Semakin berkualitas mereka, kesempatan untuk maju akan bertambah besar. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mendapatkan generasi muda berkualitas, kuncinya adalah pendidikan. Tanpa pendidikan bermutu, sulit mengharapkan keberadaan para pemuda yang mampu membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Sayangnya, data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2015 menyebutkan bahwa angka partisipasi kasar untuk jenjang pendidikan tinggi adalah 34%. Artinya masih ada 66% atau sekitar 15 juta penduduk usia 19-23 di Indonesia yang belum merasakan bangku kuliah.

Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto merasa terpanggil untuk ikut mempersiapkan masa depan Indonesia menjadi lebih baik. Caranya dengan berusaha melahirkan generasi muda calon pemimpin bangsa.

Perhatian utama Tanoto Foundation ada di sektor pendidikan yang diyakini dapat menjadi kunci menghadirkan generasi muda berkualitas. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Tanoto Foundation menggelar program Pelita Pendidikan.

Secara nyata, kegiatan ini berusaha untuk mendongkrak mutu pendidikan dengan cara melakukan program pelatihan terhadap guru serta perbaikan fasilitas sekolah. Hingga kini, sudah 466 sekolah dasar dan sekolah menengah di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi sudah menikmatinya.

Selain itu, Tanoto Foundation juga membuka program beasiswa hasil kerjasama dengan 35 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Para penerima beasiswa Tanoto Foundation yang dikenal sebagai Tanoto Scholars mendapat dukungan finansial untuk melakukan studi.

Misi untuk menciptakan pemimpin Indonesia masa depan tidak cukup hanya dengan dukungan keuangan, para Tanoto Scholars juga diberi bekal melalui sejumlah pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para penerima beasiswa Tanoto Foundation.

Pelatihan yang diterima beragam, mulai dari peningkatan soft skill seperti kepemimpinan dan kerjasama. Selain itu, ada pula konseling serta inspirational talk. Kegiatan menyenangkan seperti outbond dan kunjungan ke sejumlah perusahaan di bawah naungan Royal Golden Eagle juga digelar.

“Para penerima beasiswa Tanoto Foundation terpilih bukan hanya karena mereka memiliki nilai akademis yang baik, tapi juga karena memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan Indonesia. Dalam Tanoto Scholars Gathering ini, mereka mendapatkan kesempatan memperkuat semangat belajar dan memimpin (learn and lead), memperluas wawasan tentang pembangunan berkelanjutan, mengembangakan jejaring, serta mengasah soft-skill seperti public speaking,” kata Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto.

Diharapkan dengan peningkatan kualitas generasi muda yang dilalukan oleh Tanoto Foundation akan lahir sosok pemimpin bangsa yang membuat masa depan Indonesia menjadi lebih baik.

Berikan Komentar