MEDIAJURNAL » Dunia » Universitas di Amerika Diduga Terapkan Aturan Rasis pada Pelajar Asia

Universitas di Amerika Diduga Terapkan Aturan Rasis pada Pelajar Asia

Written by on |
Kampus Universitas Harvard

Kampus Universitas Harvard / socialiststudies.ca

Universitas di Amerika Serikat diduga melakukan kebijakan rasis terhadap para colon mahasiswanya asal Asia, sebuah peneilitan independen mengungkapkan bahwa para pelajar dari Asia diberikan standar nilai Scholastic Aptitude Test (SAT) yang lebih tinggi dibandingkan pelajar dari etnis minoritas lainnya.

Bermodal dari penelitian tersebut serta mengusung nama ‘Hak dan Keadilan Pelajar’, sejumlah pelajar dari Asia yang gagal masuk Universitas Harvard menggugat Harvard. Pelajar Asia yang kebanyakan bermukim di Kota Boston dan North Carolina itu melayangkan gugatan ke Universitas Harvard pada Selasa (18/11/2014).

Anggota tim pengacara penggugat Edward Blum mengaku sangat prihatin dengan kebijakan rasis yang diberlakukan oleh Universitas Harvard. Menurutnya, sudah selayaknya Universitas sebesar Harvard bersikap netral tidak membedak-bedakan calon mahasiswanya berdasar etnis.

Advertisements

Mengutip dari Fox News, Jumat (21/11/2014), kebijakan rasis terhadap calon mahasiswa baru juga pernah dilakukan oleh Universitas Princeton, salah satu kampus pesaing Harvard. Tahun 2009 kebijakan tersebut dibongkar oleh Stasiun Televisi Fox News.

Dalam laporan Stasiun Televisi Fox News terungkap bahwa para pelajar dari Asia harus mendapatkan nilai SAT 1460 untuk diterima di universitas tersebut, sementara pelajar kulit putih hanya membutuhkan nilai SAT 1320 diikuti pelajar kulit hitam dan keturunan latin dengan standar nilai SAT 1010 dan 1190.

Berikan Komentar