MEDIAJURNAL » Nasional » TNI AU Beli AgustaWestland AW101 Untuk Angkut Jokowi dan Tamu VVIP

TNI AU Beli AgustaWestland AW101 Untuk Angkut Jokowi dan Tamu VVIP

Written by on |
Helikopter AgustaWestland AW101

Helikopter AgustaWestland AW101 / agustawestland.com

Helikopter Eurocopter AS332 Super Puma, yang selama ini biasa dipakai presiden dan wakil presiden saat berkunjung ke daerah, sebentar lagi akan mendapatkan pengganti. Melalui Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), pemerintah akan membeli helikopter baru AgustaWestland AW-101.

Helikopter buatan perusahaan joint venture Westland (Inggris) dan Agusta (Italia) itu nanti tidak hanya dipakai oleh presiden dan wakil presiden saja, namun juga akan digunakan untuk mengangkut tamu-tamu penting negara atau very-very important person (VVIP).

Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, mengatakan suku cadang Eurocopter AS332 Super Puma yang semakin sulit didapatkan menjadi alasan utama TNI AU harus segera membeli helikopter pengganti. Bila tidak ada halangan, helikopter tersebut akan tiba di Jakarta tepat pada HUT TNI AU, 9 April 2015.

Advertisements

“Pembelian itu dilakukan karena sparepart untuk Super Puma terbatas, itu karena populasinya sangat sedikit,” ungkap Dwi Badarmanto, dikutip dari Merdeka.com, Kamis, 19 November 2015.

Sebagai helikopter keluaran terbaru, AgustaWestland AW101 mengusung kelebihan-kelebihan dan teknologi mutakhir yang tidak dimiliki Eurocopter AS332 Super Puma. Marsekal Pertama Umar Sugeng Hariyono, Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, mengatakan kabin yang dimiliki AgustaWestland AW101 sangat lega.

“Heli Augusta ini Lebih besar kabinnya, masuk ke dalam berdiri enggak sampai nunduk. Enggak seperti naik heli biasanya, dan canggih,” kata Umar Sugeng Hariyono.

Berikan Komentar