MEDIAJURNAL » Nasional » Suzuki Ciaz Bermesin Sama Dengan Ertiga Hanya Beda Rasio Kompresi

Suzuki Ciaz Bermesin Sama Dengan Ertiga Hanya Beda Rasio Kompresi

Written by on |
Mobil Sedan Suzuki Ciaz

Mobil Sedan Suzuki Ciaz / maciautoz.com

Suzuki Indomobil Sales (SIS) atau yang biasa dikenal dengan Suzuki Indonesia tengah bersiap untuk meluncurkan produk terbarunya, Suzuki Ciaz. Mobil tersebut akan resmi diluncurkan pada bulan November 2015 untuk menyasar pasar sedan yang sempat ditinggalkan Suzuki sejak produksi Baleno dihentikan pada 2007 silam.

Diwartakan Kompas.com, Selasa, 8 September 2015, Hery Purwoko, Instructor Technical Training Service SIS menjelaskan bahwa Ciaz hadir dengan segala kelebihan teknologi mobil terbaru, seperti koneksi headunit ke ponsel via Bluetooth dari kemudi dan juga sistem buka bagasi yang sudah menggunakan kunci remote.

Adanya fitur bluetooth di Ciaz memungkinkan pengemudi mengangkat telepon saat mengemudi dengan cara menekan tombol yang ada di kemudi. Sementara itu, Sumarno, staff training development SIS, mengatakan bahwa mesin yang digunakan oleh Ciaz sama dengan mesin yang dipakai oleh Suzuki Ertiga terbaru.

Advertisements

“Mesinnya sama seperti Ertiga yang baru, tapi beda di rasio kompresi. Ciaz lebih besar, 1:11. Selain itu tentu ada remapping ECU (electronic control unit),” ungkap Sumarno, Senin, 7 September 2015.

Dari data spesifikasi milik departemen servis SIS, Ciaz menggunakan mesin K14B, 1.372 cc, DOHC, 4 katup. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 92 PS (90,7 tk) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.000 rpm. Data tersebut identik dengan data yang ada pada Ertiga.

Ertiga mempunya dua jenis transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, hal yang sama juga akan ada pada Suzuki Ciaz. Sedikit perbedaan yang ada hanya pada transmisi otomatis Suzuki membuang fitur engine brake pada gigi satu. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan desain mobil sedan yang memang tidak mendukung fungsi engine break pada gigi satu.

Sumarno mengklaim transmisi yang dimiliki Suzuki Ciaz akan lebih ringan sekitar 4 kilogram dibanding transmisi yang dimiliki mobil Suzuki lain yang beredar di Indonesia. Karena mempunyai mesin yang hampir sama, maka komponen mesin di Ciaz juga hampir sama dengan Ertiga, hal tersebut adalah keunggulan lain Ciaz, yakni suku cadangnya yang mudah dicari.

Berikan Komentar