MEDIAJURNAL » Kriminal » Rina Iriani Diancam Hukuman 10 Tahun Penjara dan Denda Rp 11 Miliar

Rina Iriani Diancam Hukuman 10 Tahun Penjara dan Denda Rp 11 Miliar

Written by on |
Rina Iriani

Rina Iriani / metrotvnews.com

Jaksa Kejati Jateng dan Kejari Karanganyar menuntut terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan proyek perumahan Griya Lawu Asri (GLA) Karanganyar, Rina Iriani, dengan hukuman 10 tahun penjara serta denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang pada Selasa (30/12/2014) itu, jaksa menilai Rina Iriani terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU 30/1999 yang ditambahkan dalam UU 20/2001 Tentang Pemberantasan Korupsi jo Pasal 65 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

“Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana kurungan kepada terdakwa Rina Iriani selama 10 tahun penjara. Selain itu, menjatuhkan pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan,” kata JPU Slamet Widodo dalam sidang, dilansir Sindo News, Rabu (31/12/2014).

Advertisements

JPU Slamet Widodo juga menyatakan bahwa mantan Bupati Karanganyar itu terbukti melanggar dakwaan kedua primer, yakni melanggar Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Tidak hanya itu saja, jaksa menuntut Rina Iriani membayar uang sebesar Rp 11,8 miliar sebagai ganti rugi terhadap negara atas kasus tersebut. Bila Rina tidak sanggup membayarnya, bisa diganti dengan kurungan selama enam tahun.

“Namun jika hasil lelang tidak mencukupi dan terdakwa tidak mampu membayar hingga satu bulan setelah proses hukum inkrah, maka akan diganti dengan hukuman penjara selama enam tahun,” pungkasnya.

Berikan Komentar