MEDIAJURNAL » Bisnis » Program Kartu Indonesia Sehat Jokowi Bisa Bikin Indonesia Bangkrut

Program Kartu Indonesia Sehat Jokowi Bisa Bikin Indonesia Bangkrut

Written by on |
Kartu Indonesia Sehat Jokowi

Kartu Indonesia Sehat Jokowi / merdeka.com

Kartu Sehat yang jadi andalan Jokowi di Jakarta rencananya akan diterapkan secara nasional ketika dia resmi menjabat Presiden nanti, nemun kartu sehat disebut berpotensi membuat negara bangkrut bila jadi diterapkan secara nasional.

Ekonom Raden Pardede mengungkapkan bahwa program semacam kartu sehat memang pada awalnya hanya membutuhkan biaya yang relatif kecil namun ketika program tersebut telah memasuki tahun ke-20 lebih akan membutuhkan biaya yang besar, bila tidak dikelola dengan baik kartu sehat berpotensi membuat perekonomian negara bangkrut

“Memang murah di awal, di ujungnya mahal. Kita tidak mau lagi mengikuti kebangkrutan negara maju karena beban berat untuk APBN mereka. Ini terlihat ketika kita tidak mengelola dengan benar 25 tahun kita bangkrut,” ungkap Raden Pardede di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Advertisements

Dilansir dari merdeka.com, Rabu (13/8/2014), Raden Pardede menjelaskan bahwa program serupa yang pernah diterapkan di beberapa negara Eropa, Amerika dan Jepang telah terbukti membuat perekonomian negara tersebut kalang kabut. namun raden Pardede juga mengakui kalau program tersebut dikelola dengan sangat baik dan benar maka tidak akan membuat kebangkrutan sebuah negara.

“Ini yang dialami Amerika dan Eropa serta Jepang. Kita menua tidak bekerja jadi tanggungan pemerintah banyak, Kalau bisa mengelola dengan baik makan boleh dilanjutkan kartu pintar, kartu sehat. Harus ada perbaikan sistem dan perbaikan supply change” katanya.

Berikan Komentar