MEDIAJURNAL » Dunia » Presiden Turki Tayyip Erdogan: Pelaut Muslim Penemu Benua Amerika

Presiden Turki Tayyip Erdogan: Pelaut Muslim Penemu Benua Amerika

Written by on |
Recep Tayyip Erdogan

Recep Tayyip Erdogan / The Guardian

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Benua Amerika ditemukan oleh Christoper Colombus pada tanggal 12 Oktober 1492, namun demikian, keabsahan Colombus sebagai penemu Amerika selalu dipertanyakan, banyak teori lain bermunculan tentang penemu Amerika.

Minggu (16/11/2014), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan peryataan yang cukup kontroversial terkait penemu benua Amerika. Menurutnya, benua Amerika bukan ditemukan Christoper Colombus, melainkan oleh pelaut muslim.

“Pelaut muslim tiba di Abad 12. Malah Colombus menyebutkan dia menemukan sebuah masjid di bukit pantai Kuba,” ujar Erdogan dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Muslim Amerika Latin pada Festival Istanbul, dikutip dari BBC News, Senin (17/11/2014)

Advertisements

Erdogan mengatakan bahwa pelaut muslim sudah datang ke benua Amerika tahun 1178, jauh sebelum Colombus memimpin armada kapal menyeberangi Samudera Atlantik dan tiba di Amerika. Erdogan mengaku, apa yang dia ucapkan itu berdasar catatan harian Colombus yang diungkap oleh ahli sejarah Youssed Mroueh.

Sayangnya Erdogan tidak memberikan nama pasti dari pelaut yang dia sebut menemukan Benua Amerika itu. Sekadar informasi, memang ada teori yang cukup kuat mengatakan bahwa Laksamana Cheng Ho dari China adalah penemu benua Amerika, dan dia merupakan seorang muslim. Mungkin dia yang dimaksudkan oleh Erdogan.

Berikan Komentar