MEDIAJURNAL » Nasional » Presiden Jokowi: Pemerintah Kabupaten Akan Dapat Dana Rp 100 Miliar

Presiden Jokowi: Pemerintah Kabupaten Akan Dapat Dana Rp 100 Miliar

Written by on |
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi / JIBI Foto

Saat berpidato dalam acara Musrenbangnas yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 29 April 2015, Presiden Joko Widodo menjanjikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan anggaran sebesar Rp 100 miliar kepada pemerintah daerah tingkat Kabupaten/Kota.

“Ada pertemuan di Bogor, saya sampaikan kemungkinan nantinya tahun 2016 setiap Kabupaten/Kota akan kami beri tambahan 100 miliar,” ujar Jokowi, dikutip dari Tribun News, Rabu, 29 April 2015.

Meski telah menjanjikan dana sebesar Rp 100 miliar kepada pemerintah Kabupaten, namun Jokowi menegaskan bahwa dana tersebut baru akan diberikan kepada kabupaten/kota yang telah memenuhi persyaratan atau tolak ukur, seperti audit BPK, indeks korupsi, dan penyerapan anggaran.

Advertisements

“Ada indikator, yaitu tata kelola, baik dari audit BPK, indeks korupsi, penyerapan anggaran dan indikator pembangunan di bidang kesehatan dan pendidikan dasar, dan luas wilayah serta jumlah penduduk,” tegasnya.

Dengan adanya tolak ukur pada setiap kabupaten/kota, maka tidak menutup kemungkinan beberapa kabupaten tidak mendapatkan dana sebesar Rp 100 miliar penuh. Hanya kabupaten/kota yang benar-benar layak yang bisa mendapatkan dana penuh Rp 100 miliar.

“Oleh sebab itu daya tambahan Kabupaten/Kota Rp 100 miliar itu memang harus kami lakukan hati-hati dan penambahan dana itu nantinya tidak merata. Artinya, ada yang 100, mungkin ada yang 80, ada yang 70,” lanjutnya.

Dengan adanya dana bantuan pemerintah sebesar Rp 100 miliar, diharapkan bisa memeratakan pembangunan infrastruktur dan juga sekolah-sekolah di seluruh wilayah Indonesia. “Misalnya ada Inpres pembangunan SMK, karena SMK ini kurang dan dibutuhkan, Inpres pasar, ini perlu dibangun, Inpres jalan di Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

Berikan Komentar