MEDIAJURNAL » Bisnis » PNS Wanita Boleh Pilih Kantor Dekat Rumah demi Keluarga dan Efisiensi

PNS Wanita Boleh Pilih Kantor Dekat Rumah demi Keluarga dan Efisiensi

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Pemerintah Provinsi DKI jakarta akan mengeluarkan kebijakan baru terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjenis kelamin wanita. Mulai tahu 2015, PNS wanita diperbolehkan untuk memilih lokasi kerja yang dekat dengan rumah tempat tinggalnya.

Kebijakan baru tersebut diungkapkan sendiri oleh Gubernuk DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Balaikota DKI Jakarta, Rabu(3/12/2014). Ahok menegaskan bahwa setiap atasan harus mengizinkan para bawahan PNS wanita-nya untuk memilih lokasi kerja yang dekat dengan rumahnya.

“Jadi, ibu-ibu boleh memilih mau bekerja di mana saja dekat dengan rumah. Tidak boleh ada alasan apa pun lagi. Atasan anda semua tidak mengizinkan mencari tempat kerja paling dekat dengan rumah? nggak ada urusan!” ujar Ahok.

Advertisements

Kebijakan baru ini, menurut Ahok akan bisa mewujudkan cita-citanya, yaitu membuat para PNS Wanita mendapatkan kehidupan rumah tangga yang berkualitas. Menurut Ahok, kehidupan rumah tangga PNS yang berkualitas akan melahirkan generasi masa depan yang baik untuk Jakarta, bahkan Indonesia.

“Ibu-ibu punya waktu berkualitas, sehingga anak-anak punya waktu lebih baik buat belajar Al Quran,” terangnya.

Sementara itu, I Made Karmayoga, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta membenarkan bahwa pemprov DKI segera memberlakuakan kebijakan baru itu. Made mengatakan, BKD sedang mendata tempat tinggal para PNS wanita di Jakarta agar bisa dipetakan dengan baik saat nanti dipindah tempat kerjanya.

“Ini kita lakukan, mengingat selama ini banyak PNS wanita yang kedapatan tempat bekerja jauh dari tempat tinggalnya. Sehingga menguras energi di perjalanan. Jadi kita petakan tempat bekerja yang dekat dengan rumah agar biaya transportasi tidak besar,” kata Made.

Berikan Komentar