MEDIAJURNAL » Bisnis » PNS Dipotong Gajinya Sebagai Ganti Rugi Menghilangkan Aset Negara

PNS Dipotong Gajinya Sebagai Ganti Rugi Menghilangkan Aset Negara

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Melalui Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Pemerintah Kota Jambi melakukan pemanggilan kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) kota Jambi yang diduga telah menghilangkan inventaris aset negara.

Para PNS yang dipanggil itu diminta untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya dengan membayar ganti rugi. Mereka dikenakan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) atas aset yang sebelumnya mereka kuasai.

Deki Subandia, Kepala DPKAD Kota Jambi menyatakan bahwa para PNS dan mantan PNS yang menghilangkan aset negara berkewajiban untuk menggantinya. “Aset yang digunakan telah mereka hilangkan, makanya yang bersangkutan diwajibkan melakukan ganti rugi,” ungkapnya seperti dilansir dari Tribun News, Senin (8/9/2014).

Advertisements

Menurut Deki, aset-aset yang telah dihilangkan para PNS dan mantan PNS Pemerintah Kota Jambi antara lain kendaraaan dan peralatan elektronik. “Aset yang hilang, berupa kendaraan roda dua, laptop dan kamera,” terangnya.

Adapun untuk sistem pembayaran ganti rugi, bagi PNS yang masih aktif akan dibebankan pada gaji atau pemotongan gaji tiap bulan, sedangkan untuk yang sudah pensiun jadi PNS akan diptongkan pada dana Taspen.

Meski Pemerintah Kota Jambi menunut para PNS dan Mantan PNS yang menghilangkan inventaris kantor untuk memberikan ganti rugi, namun Pemkot jambi memberikan kelonggaran bagi PNS yang tidak mampu dengan surat pernyataan tak mampu bayar, dengan persetujuan kepala daerah.

Berikan Komentar