MEDIAJURNAL » Nasional » PNS Dapat THR Juga, APBN 2016 Anggarkan Rp 7,5 T untuk THR PNS

PNS Dapat THR Juga, APBN 2016 Anggarkan Rp 7,5 T untuk THR PNS

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Kabar gembira datang untuk anda para pegawai negeri sipil (PNS). Mulai tahun depan, para PNS tak perlu lagi iri pada para karyawan swasta yang setiap menjelang hari raya mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,5 triliun untuk THR PNS.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, adanya THR pada PNS tahun depan berdampak pada ditiadakannya kenaikan gaji. Bambang menyebut bahwa kebijakan memberikan THR kepada PNS juga merupakan pilihan bijak bagi pemerintah untuk mengurangi beban negara dalam membayar uang pensiun pegawai negeri.

“Bisa dibayangkan, kalau gaji pokok naik dan pensiun semakin besar, kan repot. Karena itu kami berpikir untuk memperbaiki take home pay dengan (pemberian) tunjangan hari raya, ” ujar Bambang Brodjonegoro, Selasa, 3 November 2015.

Advertisements

Namun demikian, kebijakan pemberian THR kepada pemerintah itu juga menuai kritik dari beberapa kalangan, salah satunya dari Lana Soelistianingsih, Ekonom dari Universitas Indonesia. Menurutnya, pemberian THR ke PNS tidak lebih baik dari kenaikan gaji PNS setiap tahun.

Lana melihat kenaikan gaji PNS┬ásetiap tahun bisa merangsang pertumbuhan ekonomi karena akan mendorong daya beli pegawai negeri. “Kenaikan gaji setiap tahun akan memberi dorongan daya beli PNS setiap bulan,” ungkap Lana, dikutip dari Tempo.co, Jumat, 6 November 2015.

Icha Aryo, salah satu PNS di lingkungan Kementerian Keuangan menyambut baik kebijakan baru pemerintah itu. Bagi Aryo, THR untuk PNS kepastiannya lebih terjamin dibanding akumulasi kenaikan gaji PNS setiap tahun dan juga uang pensiun. “Enggak apa-apa. Daripada nanti yang pensiunan malah enggak dibayar karena terlalu membebani, ya mending dapat THR,” kata Aryo.

Berikan Komentar