MEDIAJURNAL » Lifestyle » Perokok Berat Tapi Panjang Umur dan Sehat di Hari Tua, Ini Alasannya!

Perokok Berat Tapi Panjang Umur dan Sehat di Hari Tua, Ini Alasannya!

Written by on |
Produksi Rokok

Produksi Rokok / inilah.com

Hampir dipastikan tidak ada seorang pun di dunia ini yang membantah fakta bahwa merokok itu berbahaya bagi kesehatan dan memperbesar risiko kematian. Namun orang-orang biasanya akan kebingungan ketika mendapati fenomena beberapa perokok berat yang bisa berumur panjang bahkan terlihat sehat di masa tuanya. Bagaimana fenomena itu bisa terjadi?

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Profesor Ian Hall dari University of Nottingham dan Martin Tobin dari University of Leicester mengungkap alasan terjadinya fenomena di atas. Penelitian keduanya dilakukan dengan metode menganalisa profil medis dari 50 ribu orang yang terdaftar di UK Biobank dalam kurun waktu 2006-2010, saat mereka berusia 40-69 tahun.

Dari hasil penelitian itu, Ian dan Martin menemukan lima bagian dari DNA manusia yang terkait dengan perokok berat. Mereka sepakat bahwa rokok adalah salah satu penyebab terbesar terjadinya Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK), namun dari penelitian mereka, terbukti bahwa DNA tertentu bisa menurunkan risiko PPOK.

Advertisements

Orang yang mewarisi struktur DNA unik itu kemungkinan untuk terserang PPOK seperti bronkhitis dan emfisema relatif kecil. Hal itu menjadi asalan seringnya ditemui orang yang selama hidupnya tidak merokok malah terkena PPOK, sementara yang perokok berat malah bebas dari PPOK.

“Merokok adalah faktor risiko terbesar untuk penyakit PPOK. Kebanyakan, tapi tidak semua, perokok menderita penyakti ini. Faktor genetik berperan, seperti halnya dalam kecanduan rokok atau tidak,” ujar Ian sebagaimana dikutip dari The Guardian, Jumat, 2 Oktober 2015.

Meski ada penemuan seperti itu, namun Ian Hall dan Martin Tobin tidak menyarankan orang untuk merokok karena orang dengan DNA unik seperti itu jumlahnya sangat kecil dibanding jumlah perokok di seluruh dunia. Jadi, dengan mengkampanyekan gerakan berhenti merokok, banyak nyawa yang akan terselamatkan.

Berikan Komentar