MEDIAJURNAL » Kriminal » Perkosa Mahasiswi UI, Sitok Srengenge Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka

Perkosa Mahasiswi UI, Sitok Srengenge Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka

Written by on |
Sitok Srengenge

Sitok Srengenge / tempo.co

Setelah sebelumnya diberitakan bahwa Polda Metro Jaya akan menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap kasus pemerkosaan mahasiswi Universitas Indonesia (UI) yang diduga dilakukan penyair Sitok Srengenge, kini Sitok malah sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Kombes Pol Heru Pranoto, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengatakan, pihak kepolisian berhati-hati dalam menetapkan Sitok sebagai tersangka lantaran adanya kalimat tidak berdaya dalam laporan RW, korban Sitok.

Seperti diketahui, pada Jumat, 29 November 2013 silam, penyair Salihara Sitok Srengenge dilaporkan atas kasus perbuatan tidak menyenangkan, persetubuhan wanita diluar nikah dan dalam keadaan tidak berdaya.

Advertisements

“Hampir satu tahun kasus ini berproses. Sangat diperlukan keterangan saksi ahli dari pihak kompeten untuk berikan pandangan n masukan. Terlebih di unsur kalimat tidak berdaya,” ucap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Heru Pranoto, di Mapolda Metro Jaya, Senin (6/10/2014).

Heru menjelaskan, Polda Metro melakukan gelar perkara pemerkosaan Sitok pada Minggu (5/10/2014) malam, gelar perkara tersebut menghadirkan 11 saksi diantaranya saksi korban (RW) dan saksi ahli. Dari hasil gelar perkara, polisi menemukan bukti yang cukup kuat yaitu dua alat bukti terpenuhi sehingga penyidik menetapkan Sitok sebagai tersangka.

Sitok Srengenge dijerat pasal Pasal 335 KUHP, 286 KUHP dan Pasal 294 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. “Sitok dikenakan Pasal 335 KUHP, 286 KUHP dan Pasal 294 ayat 2 KUHP,” tandasnya.

Berikan Komentar