MEDIAJURNAL » Dunia » Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven Kecam Aksi Pembakaran Masjid

Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven Kecam Aksi Pembakaran Masjid

Written by on |
Masjid Dibakar di Swedia

Masjid Dibakar di Swedia / rt.com

Baru-baru ini sebuah masjid di kota Uppsala, Swedia, dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab. Pembakaran masjid tersebut merupakan aksi ketiga kali dalam sepekan belakangan. Mohammad Kharraki, juru bicara Asosiasi Islam Swedia mengecam keras aksi itu.

Mohammad Kharraki menilai para pelaku sengaja membakar sebuah masjid untuk menciptakan teror terhadap warga minoritas muslim di Swedia. Dengan tercipatanya sebuah teror dan ketakutan maka umat muslim di Swedia enggan lagi untuk pergi ke masjid atau sekadar keluar rumah mereka.

“Orang-orang takut akan keamanan mereka. Kami telah melihat melalui sejarah bahwa orang-orang menggunakan kekerasan sebagai cara polarisasi masyarakat terhadap kelompok minoritas,” ungkap Kharraki, dilansir media Swedia Tidningarnas Telegrambyra, Sabtu (3/1/2015).

Advertisements

Sementara itu, Perdana Menteri Stefan Lofven juga mengecam keras aksi pembakaran masjid di Swedia itu. Menurut Loefven, warga swedia harusnya bisa menjaga toleransi antar umat beragama bila memang mereka mengaku sebagai umat beragama juga.

“Di Swedia, seharusnya tidak ada yang takut ketika mereka belajar agama mereka masing-masing,” ungkap Loefven.

Menyikapi insiden tersebut, Lofven berjanji akan memperketat penjagaan di beberapa masjid, terutama masjid besar di Swedia, untuk menghindari aksi pembakaran masjid terulang lagi.

Berikan Komentar