MEDIAJURNAL » Nasional » Pemerintah Jokowi Pertimbangkan Sabtu-Minggu PNS Tetap Masuk Kerja

Pemerintah Jokowi Pertimbangkan Sabtu-Minggu PNS Tetap Masuk Kerja

Written by on |
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi / JIBI Foto

Setelah sebelumnya berencana akan memangkas gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan perjalanan dinas, Tim Transisi Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla kembali mempertimbangkan wacana yang cukup kontroversial terkait PNS, yaitu soal hari kerja PNS.

Eko Sanjoyo, Deputi Tim Transisi Jokowi-JK mengaku akan mempertimbangkan usulan dari Organisasi Kemasyarakatan sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa, yang mengusulkan bahwa hari Sabtu dan Minggu PNS tetap bekerja.

Eko Sanjoyo menilai usulan dari Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa sangat revolusioner dan layak dipertimbangkan untuk diberlakukan pada pemerintahan Presiden Jokowi mendatang. Menurutnya, wacana itu cukup masuk akal dengan pertimbangan libur PNS akan dibuat beberapa tahap.

Advertisements

“Ini satu ide menurut saya revolusi dari Garda Bangsa bahwa libur pegawai pemerintah dibagi beberapa tahap, sehingga bekerja bisa dilakukan tujuh hari seminggu dengan sistem libur yang dibikin pilihan beberapa hari,” kata Eko Sanjoyo di sela-sela Seminar Kebangsaan yang digelar Fraksi PKB MPR di Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Anas Nasihin, Wakil Ketua Umum DKN Garda Bangsa mengusulkan agar pemerintahan Jokowi-JK memberlakukan tujuh hari kerja untuk PNS. Menurutnya, pemerintahan Jokowi-JK akan lebih responsive bila para PNS-nya tetap bekerja pada hari sabtu dan minggu, dalam hal ini hari libur PNS bisa diganti pada hari selain hari Sabtu dan Minggu secara bergantian.

“Pemerintah bisa disebut responsive jika PNS-nya bisa bekerja tujuh hari full tanpa hari libur. Tapi, tidak harus full juga kerjanya. Maksud saya hari liburnya bisa dipilih,” terang Anas seperti dikutip dari JPNN, Minggu (14/9/2014).

Anas menjelaskan, bila kebijakan hari kerja sabtu dan minggu terhadap PNS ini diberlakukan, maka akan meningkatkan efektifitas dari PNS di pemerintahan Jokowi nanti yang artinya pelayanan terhadap masyarakat lebih optimal. “Ini juga agar kinerja PNS efektif, mulai dari pelayanan yang tidak ada matinya dan bisa berjalan satu minggu full tanpa ada kendala hari libur,” pungkasnya.

Berikan Komentar