MEDIAJURNAL » Sosial » Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN, Siswa SMA Diminta Lebih Giat Belajar

Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN, Siswa SMA Diminta Lebih Giat Belajar

Written by on |
Ujian Nasional SMA

Ujian Nasional SMA / metrotvnews.com

Nilai ujian nasional (UN) ke depan memang tidak lagi menjadi tolak ukur kelulusan siswa sekolah menengah atas (SMA). Namun begitu, para siswa SMA kelas 3 diminta tidak menyepelekan ujian nasional begitu saja.

Ainun Na’im, Sekjen Kemendikbud mengungkapakan bahwa nilai UN akan dijadikan standard penilaian atau syarat sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) dalam menerima mahasiswa baru, khususnya yang melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

“Sesuai kesepakatan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hasil UN SMA/sederajat akan menjadi bahan pertimbangan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN),” kata Ainun Na’im di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Advertisements

Menurut Ainun, UN merupakan gambaran prestasi akademik siswa di mata pelajaran tertentu yang diukur melalui penilaian terstandar nasional, sehingga nilai UN sangat pantas dijadikan perguruan tinggi sebagai referensi penerimaan mahasiswa  baru.

Ainun berharap, pada hari-hari menjelang dilaksanakannya UN, para siswa bisa belajar lebih giat lagi.”UN memang bukan untuk penentu kelulusan. Tapi UN juga penting karena dengan UN diharapkan siswa lebih giat belajar dan menuntaskan kompetensinya,” pungkasnya, dilansir JPNN, Rabu (25/2/2015).

Berikan Komentar