MEDIAJURNAL » Dunia » Nanti Malam Akan Terjadi Gerhana Bulan Total Merah Darah ‘Blood Moon’

Nanti Malam Akan Terjadi Gerhana Bulan Total Merah Darah ‘Blood Moon’

Written by on |
Gerhana Bulan Total Blood Moon

Gerhana Bulan Total Blood Moon / mirrordaily.com

Hari ini, Sabtu, 4 April 2015, akan terjadi gerhana bulan total, sekira pukul 18.00 WIB nanti. Gerhana bulan nanti malam adalah rangkaian dari 4 kali gerhana yang telah dan akan terjadi tahun 2015 ini. Tahun ini akan terjadi dua kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari.

Thomas Djamaluddin, kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan, dari 4 gerhana yang telah dan akan terjadi di tahun ini, masyarakat Indonesia hanya bisa menyaksikan satu kali gerhana, yaitu gerhana bulan yang akan terjadi nanti malam.

Pada bulan Maret kemarin, telah terjadi gerhana matahari, namun hanya bisa diamati oleh orang yang berada di kutub utara. “Gerhana matahari Maret lalu itu, diikuti dengan gerhana bulan total besok (hari ini, red),” kata Thomas Djamaluddin, dikutip dari JPNN, Sabtu, 4 April 2015.

Advertisements

Thomas menerangkan, jika masyarakat Indonesia ingin melihat gerhana bulan total yang terjadi nanti malam, maka pada jam 18.00 WIB harus melihat ke arah ufuk timur. “Gerhananya ada di ufuk timur. Lokasinya seperti ketika sedang ada bulan purnama,” terangnya.

Gerhana bulan total yang terjadi pada malam nanti juga bukan gerhana total biasa, karena saat gerhana nanti, bulan akan berubah warnanya menjadi merah darah. Fenomena gerhana seperti itu secara luas dikenal dengan istilah Blood Moon.

Masih menurut Thomas, bulan warnanya menjadi merah lantaran pantulan sinar matahari dari sisi sebelah bumi yang dibiaskan oleh atmosfer bumi. Warna pembiasan sinar matahari dari atmosfer bumi tersebut dominan berwarna merah, maka bulan yang menangkap sinar tersebut akan berwarna merah.

“Jadi pada saat terjadi Blood Moon, bulan menyala merah bukan karena mendapat sinar langsung dari matahari seperti biasanya,” terangnya.

Berikan Komentar