MEDIAJURNAL » Sosial » Muhammad Harly Berhasil Buat Ulang Mobil Uap Nicolas-Joseph Cugnot

Muhammad Harly Berhasil Buat Ulang Mobil Uap Nicolas-Joseph Cugnot

Written by on |
Mobil Tenaga Uap Indonesia

Mobil Tenaga Uap Indonesia / merdeka.com

Seorang guru asal malang bernama Muhammad Harly berhasil membuat sebuah mobil yang digerakan dengan tenaga uap. Mobil tersebut merupakan rekonstruksi ulang mobil sejenis yang pernah dibuat oleh penemu asal Perancis, Nicolas-Joseph Cugnot, pada tahun 1769 silam.

Mobil buatan Harly tersebut bisa melaju hingga kecepatan 6 kilometer per jam dengan bahan bakar 7 kilogram kayu bakar. Kecepatan mobil tersebut lebih cepat dari mobil buatan Cugnot generasi pertama, yang hanya berkecepatan 4 kilometer per jam. Mobil yang sanggup menampung tiga orang itu bisa sekali jalan dalam waktu satu jam.

“Mobil ini mampu berjalan dengan kecepatan 6 kilometer per jam. Wood consumption-nya (kayu yang dibutuhkan) 7 kilogram akan mampu menjalankan mesin hingga satu jam. Bisa memuat 3 orang. Kalau yang dibuat Nicolas Joseph Cugnot itu 4 kilometer per jam,” kata Muhammad Harly di Batu, Jawa Timur, Jumat (12/12).

Advertisements

Saat akan membuat mobil uapnya, Harly menargetkan bisa selesai dalam sebulan dan kahirnya bisa terpenuhi. Hal tersebut jauh lebih cepat dari apa yang telah dikerjakan Nicolas-Joseph Cugnot tiga abad silam. Namun begitu, waktu sebulan yang dibutuhkan Harly bukanlan hal yang pantas dia banggakan. Menurutnya, waktu sebulan untuk pengerjaan mobil uap di zaman modern seperti sekarang ini adalah sebuah kemunduran.

“Saya tertantang karena diberi waktu satu bulan untuk merekonstruksi sebuah mesin uap yang waktu itu menurut referensi zaman Nicolas Joseph itu butuh waktu satu tahun. Tapi ingat bahwa inteligensi orang waktu itu kalah dengan yang sekarang, peralatannya sekarang juga mudah dicari. Bagi saya, satu bulan adalah suatu kemunduran,” tandasnya, dilansir Merdeka.com, Sabtu (13/12/2014).

Berikan Komentar