MEDIAJURNAL » Lifestyle » Minuman Beralkohol Baik Untuk Otak dan Kreativitas, Kata Peneliti

Minuman Beralkohol Baik Untuk Otak dan Kreativitas, Kata Peneliti

Written by on |
Minum Whisky

Minum Whisky / whiskeydisks.com

Pasti semua orang sepakat bila minuman yang mengandung alkohol itu disebut sebagai minuman yang sangat berbahaya karena menyebabkan mabuk. Tapi apakah benar minuman beralkohol hanya mempunyai efek negatif? tidak ada efek positif bagi para peminumnya?

Mengutip dari Tempo.co, Rabu, 4 Mei 2016, sebuah penilitian terbaru terhadap minuman beralkohol menunjukan hasil yang cukup mencengangkan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh sekolompok psikolog di University of Illinois, Amerika Serikat, menyebut minuman beralkohol bisa menajamkan pikiran.

Para peneliti itu mengklaim pria yang mengkonsumsi dua gelas bir sebelum mengerjakan permainan asah otak menunjukkan performa lebih baik dibanding mereka yang tidak minum. Metode penelitian yang dipakai adalah dengan menguji 40 pria muda dan sehat dalam serangkaian permainan asah otak.

Advertisements

Dari 40 pria yang diuji coba, 20 orang (setengahnya) diberi minum bir sebanyak 2 liter sebelum mengerjakan serangkaian permainan asah otak. Setelah 40 pria itu mengerjakan serangkaian permainan asah otak, 20 orang yang telah minum bir mampu menyelesaikan 40 persen lebih banyak dibanding yang tidak minum.

Tidak hanya itu, waktu yang dibutuhkan 20 orang yang minum bir untuk menyelesaikan serangkaian permainan asah otak juga lebih cepat dibanding yang tidak minum. Para peminum itu hannya membutuhkan waktu 12 detik, lebih cepat 3,5 detik dibanding kelompak pria yang tak minum bir.

Para peneliti mengklaim penelitian yang merea lakukan adalah yang pertama kali ada di dunia. “Penelitian ini merupakan demonstrasi pertama dari efek alkohol terhadap pemecahan masalah secara kreatif,” kata salah seorang peneliti, Jennifer Wiley.

Jennifer Wiley juga menyebut penelitian mereka akan diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition. Jennifer menjelaskan hasil penelitian tersebut cukup masuk akal karena alkohol mempunyai efek menghilangkan pikiran yang terlalu fokus, dimana menurut Jennifer, hal tersebut kurang baik untuk kreativitas.

“Intinya, jika kita berpikir terlalu fokus, hal itu dapat menutup kemungkinan baru. Perhatian yang lebih luas dan fleksibel justru diperlukan untuk mencari solusi kreatif,” pungkasnya.

Berikan Komentar