MEDIAJURNAL » Dunia » Milisi Syiah Irak Tembaki Muslim Sunni Ketika Salat, 70 Orang Tewas

Milisi Syiah Irak Tembaki Muslim Sunni Ketika Salat, 70 Orang Tewas

Written by on |
Ilustrasi Penembakan

Ilustrasi Penembakan / 123RF.com

Kekerasan sekterian yang menewaskan puluhan nyawa kembali terjadi di Irak, sebanyak 70 orang muslim Sunni tewas ditembak secara brutal oleh milisi muslim Syiah. Aksi yang diduga kuat sebagai tindakan balas dendam ini terjadi pada Jumat (22/8/2014) di Masjid Musab bin Omair yang berlokasi di Provinsi Diyala.

Kejadian tersebut terjadi ketika para korban sedang menjalankan salat di masjid Musab bin Omair tiba-tiba diberondong dengan tembakan oleh milisi Syiah. Serangan mendadak tersebut selain menewaskan 70 orang juga melukai 20 orang lainnya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (23/8/2014), beberapa hari sebelum kejadian pembantaian di masjid Masjid Sunni Musab bin Omair terjadi bentrokan antara milisi Sunni dan milisi Syiah yang menewaskan banyak milisi Syiah.

Advertisements

Haidar al-Abadi, Perdana Menteri irak menyampaikan kecaman atas peristiwa memilukan ini, Dia menyerukan kepada seluruh warga Irak agar tetap bersatu dan tidak semakin terpancing untuk berbuat lebih keji lagi setelah kejadian ini.

Konflik sekterian kembali marak di Irak setelah pemerintah menggalakan para milisi baik Sunni maupun Syiah untuk menghadapi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang telah menguasai sebagaian besar wilayah utara Irak. Namun hal tersebut malah menjadi bumerang bagi pemerintah Irak karena para milisi kembali terjebak dalam konflik sekterian Sunni-Syiah.

Berikan Komentar