MEDIAJURNAL » Bisnis » Merasa Ditipu MLM GIG Tissue, Para Anggota Ramai-ramai Lapor Polisi

Merasa Ditipu MLM GIG Tissue, Para Anggota Ramai-ramai Lapor Polisi

Written by on |
Halaman Web GIG Tissue

Halaman Web GIG Tissue / www.gigtissue.com

Penipuan berkedok investasi dengan iming-iming profit melimpah kembali terjadi. Kali ini korbannya tidak saja berasal dari kalangan masyarakat biasa, namun juga ada deretean nama artis yang menjadi korban, seperti penyanyi dangdut Rizal Djibran dan aktris Nana Khairina.

Para korban pada awalnya ditawari bisnis Multi-Level Marketing (MLM) oleh pelaku berinisial KT. Kepada para korban, KT menjanjikan keuntungan hingga bermiliar-miliar dalam bisnis MLM dengan media Tisu bernama GIG Tissue. Saat menemui para korbannya, KT mengaku sebagai direktur CV Bintara Eximindo.

Herdiyan Saksono, kuasa hukum para korban mengungkapkan bahwa salah satu kliennya ada yang tertipu hingga hampir sengah miliar rupiah. “Mereka juga biasa beriklan di media tisu, Korban yang melapor ini ada yang tertipu sampai Rp 471 juta,” ungkap Herdiyan di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Rabu, 3 Juni 2015.

Advertisements

Sebagaimana bisnis MLM kebanyakan, GIG Tissue juga membagi para anggotanya dalam beberapa level untuk membedakan jumlah komisi yang akan mereka dapatkan. “Ada yang regular, platinum, dan sebagainya.” terangnya, dikutip dari Tempo, Kamis, 4 Juni 2015.

Para member GIG Tissue juga bisa mengiklankan bisnisnya di tisu yang mereka pasarkan. Hal tersebut membuat orang-orang makin tertarik untuk bergabung karena selain dapat untung dari GIG Tissue, mereka juga bisa mempromosikan usaha mereka lainnya di tisu tersebut. “Yang menarik, korban bisa beriklan di bungkus tisu itu,” lanjutnya.

Setelah para korban sadar tertipu, mereka akhirnya melaporkan bersama-sama KT ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Metro Jaya. “Kami laporkan menggunakan Pasal 378 dan Pasal 9 juncto Pasal 105 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,” pungkas herdiyan.

Venus Zean, salah satu korban penipuan KT yang telah menginvestasikan uangnya sebanyak Rp 101 juta sejak Januari 2015, mengaku dia dijanjikan keuntungan hingga Rp 1 Triliun dalam 5000 hari atau sekira 13 tahun. “Saya dijanjikan bisa dapat Rp 1 triliun dalam 5.000 hari. Saya baru dapat Rp 10 juta,” kata Venus.

Berikan Komentar