MEDIAJURNAL » Bisnis » Menteri ESDM Jero Wacik Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Pemerasan

Menteri ESDM Jero Wacik Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Pemerasan

Written by on |
Jero Wacik

Menteri ESDM Jero Wacik / kanalsatu.com

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka kasus pemerasan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Rabu (3/8/2014). KPK menetapkan Jero Wacik menjadi tersangka setelah penyidik KPK melakukan gelar perkara bersama pimpinan KPK yang dimulai Minggu lalu.

Zulkarnain, Wakil Ketua KPK membenarkan penetapan Jero Wacik sebagai tersangka pada konferensi pers yang digelar siang tadi di gedung KPK. Politisi 65 tahun tersebut disangkakan melakukan pemerasan terkait kewenangannya, dalam rangka operasional jabatannya, Jero Wacik juga dinilai melakukan upaya memperkaya diri sendiri .

“Pertama, pasca menjadi menteri di Kementerian ESDM, diperlukan dana untuk operasional menteri yang lebih besar. Untuk mendapatkan dana lebih besar daripada dianggarkan, dimintalah beberapa hal di orang kementerian itu, agar dana operasional itu bisa jauh lebih besar,” kata Zulkarnain.

Advertisements

Menurut Zulkarnaen, modus yang digunakan oleh Jero Wacik dalam memperkaya diri sendiri adalah dengan melakukan rapat-rapat kementrian yang ternyata fiktif belaka. “Misalnya juga pengumpulan dari dana-dana rekanan,” terangya, dilansir dari Tribun News, Rabu (3/9/2014).

Akibat perbuatan tercelannya itu Jero Wacik akan dijerat dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Korupsi Juncto 421 KUHP.

Berikan Komentar