MEDIAJURNAL » Lifestyle » Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas atau 2 Liter Setiap Hari Hanya Mitos?

Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas atau 2 Liter Setiap Hari Hanya Mitos?

Written by on |
Minum Air Putih

Minum Air Putih / empowher.com

Selama ini banyak beredar kampanye kesehatan yang menganjurkan kita untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Konon, minum air putih sebanyak itu bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh manusia serta bisa mencegah datangnya segala macam penyakit.

Apakah klaim di atas benar? Penelitian terbaru dari Indiana University di Amerika Serikat mengungkap manfaat minum 8 gelas air putih setiap hari hanya mitos. Salah satu peneliti, Profesor Aaron E Carroll, tidak menampik fakta tubuh manusia perlu 8 gelas air setiap hari, namun, air yang diperlukan itu tidak hanya berasal dari air putih atau air mineral.

“Memang benar kebutuhan air tubuh manusia setara dengan delapan gelas air. Namun, air tersebut bukan semata mata dari air mineral saja,” ungkap Profesor Aaron, dikutip dari The Independent, Senin, 16 Mei 2016.

Advertisements

Menurut Carrol, asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh manusia baiknya berasal dari perpaduanĀ air putih yang langsung diminum dan air yang terkandung dalam makanan, seperti sayur atauĀ buah-buahan. “Namun, (air yang dibutuhkan) dari seluruh sari dan kandungan mineral dari makanan yang dikonsumsi,” terangnya.

Lebih jauh, Carrol menjelaskan tubuh manusia akan berada dalam kondisi yang tidak baik ketika kelebihan air putih. Menurutnya, kandungan air dalam perut manusia tidak boleh melebihi jumlah nutrisi lain yang dihasilakan dari makanan yang dikonsumsi.

Carrol menyarankan untuk tetap mengonsumi air putih, namun jumlahnya tidak perlu sampai 8 gelas per hari. “Tidak perlu delapan gelas sehari, namun perlu menambah makanan dan nutrisi dari bentuk makanan lain. Bukan hanya dari air saja,” tandasnya.

Berikan Komentar