MEDIAJURNAL » Sosial » Lowongan PNS Akan Ditiadakan Selama Pemerintahan Presiden Jokowi

Lowongan PNS Akan Ditiadakan Selama Pemerintahan Presiden Jokowi

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Sebuah langkah besar akan dilakukan oleh pemerintahan Jokowi terkait pegawai negeri sipil (PNS), pemerintah Jokowi berencana memberlakukan moratorium atau penghentian sementara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) menjelaskan, bahwa rencana penghentian sementara penerimaan CPNS merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo.

Yuddy menjelaskan bahwa Presiden Jokowi ingin selama pemerintahannya hingga lima tahun kedepan tidak ada penerimaan PNS baru. “Instruksi beliau (Jokowi), adalah arahan Pak Presiden, beliau minta dilakukan moratorium PNS Lima tahun ke depan” kata Yuddy di Kementerian PAN RB, Jakarta, Selasa (27/10/2014)

Advertisements

Menurut Yuddy, langkah itu akan diambil pemerintah Jokowi demi mengefektifkan jumlah PNS sehingga kinerja PNS bisa lebih maksimal karena bisa bekerja sesuai tugasnya. Pemerintah sendiri masih menggodok besaran rasio jumlah penduduk dengan jumlah PNS.

“Kita sedang kaji, berapa sebenarnya rasio yang tepat jumlah birokrat pegawai negeri kita dibandingkan dengan jumlah penduduk. Misalnya dengan 250 juta jiwa penduduk itu yang tepat berapa sih? atau kalau di DKI penduduk 8 juta birokratnya berapa?” terangnya sperti dikutip dari merdeka.com, Rabu (29/10/2014).

Yuddy menghimbau agar masyarakat tidak berprasangka buruk terhadap pemerintah lantaran akan memberlakukan penghentian penerimaan PNS, karena kebijakan tersebut untuk kebaikan Indonesia juga.”Jadi moratorium itu berpikir secara jernih agar segala keputusan yang dilakukan dalam proses reformasi birokrasi ini efisien dan produktif.” pungkasnya.

Berikan Komentar