MEDIAJURNAL » Sosial » Kotak Hitam Pesawat AirAsia QZ8501 Terlempar Satu Kilometer dari Ekor

Kotak Hitam Pesawat AirAsia QZ8501 Terlempar Satu Kilometer dari Ekor

Written by on |
Kotak Hitam Pesawat

Kotak Hitam Pesawat / howstuffworks.com

Rabu, 7 Januari 2014 lalu, Badan SAR Nasional menemukan ekor pesawat nahas AirAsia QZ8501. Penemuan tersebut terbilang sangat penting, mengingat keberadaan kotak hitam (black box) pesawat hampir dipastikan berada di ekor pesawat.

Namun sayang setelah tim penyelam menelusuri ekor pesawat lebih lanjut, tim penyelam tak kunjung juga menemukan black box yang dicari-cari itu. Bahkan akhirnya Basarnas berani memastikan bahwa Black Box tidak berada di ekor pesawat.

Marsdya FH Bambang Soelistyo, Kepala Basarnas mengatakan, kotak hitam kemungkinan besar terlempar sejauh satu kilometer dari lokasi ditemukannya ekor pesawat AirAsia QZ8501. Hal tersebut berdasar temuan radar dari kapal Jadayat.

Advertisements

“Lokasi black box didapat dari sinyal ping yang diterima kapal Jadayat yang berada 1 km ke arah barat daya dari lokasi penemuan ekor. Jadi black box sudah berada di luar ekor,” ungkap Bambang Soelistyo di kantor Basarnas, Jl Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (9/1/2015).

Bambang Soelistyo juga menegaskan bahwa kotak hitam pasti ditemukan dalam keadaan yang tidak rusak karena kotak hitam pesawat terbuat dari bahan metal yang tahan terhadap benturan dan juga ledakan. Boleh saja ekor pesawat ditemukan hancur, namun kotak hitam sudah pasti ditemukan dalam keadaan utuh.

“Bisa saja ekor hancur, tapi kan black box dibuat dari bahan metal yang telah diperhitungkan tahan terhadap bantingan, tahan temperatur,” pungkasnya, dilansir Gatra, Sabtu (10/1/2015).

Berikan Komentar