MEDIAJURNAL » Nasional » Komnas HAM Mendukung Pemerintah Legalkan Pernikahan Beda Agama

Komnas HAM Mendukung Pemerintah Legalkan Pernikahan Beda Agama

Written by on |
Siti Noor Laila

Siti Noor Laila / tempo.co

Sejumlah Mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) mengajukan uji materi Ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Pasal 2 ayat (1) UU Nomor 1 tahun 1974 ke MK yang berbunyi “Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaan itu.”

Para pemohon uji materi tersebut berpendapat bahwa masyarakat seharusnya diberikan kebebasan dalam pernikahan untuk mengikuti ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya atau tidak tidak mengikuti ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya.

Mereka menyatakan bahwa setiap agama mempunyai hukum yang berbeda tentang pernikahan, hal tersebut membuat adanya ketidakpastian hukum bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan beda agama bila bunyi Pasal 2 ayat (1) UU Nomor 1 tahun 1974 masih tetap seperti sekarang.

Advertisements

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menyatakan mendukung terhadap uji materi yang dajukan oleh sejumlah mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) itu. Siti Noor Laila, Komisioner Komnas HAM, menyatakan bahwa setiap warga negara berhat untuk menikah dengan sesama atau berbeda agama.

“Kalau menurut prespektif HAM, hak semua warga negara untuk membangun keluarga dan keturunan,” kata Siti Noor Laila seperti dilansir dari kompas.com, Kamis (4/9/2014) .

Siti menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan, maka dari itu hal yang wajib bagi negara untuk menciptakan sebuah aturan legal tentang pernikahan berbeda agama agar bisa tercipta kepastian hukum.

Menurut Siti, Indonesia sebagai negara yang menjamin kebebasan beragama seharusnya mengabulkan uji materi Pasal 2 ayat (1) UU Nomor 1 tahun 1974. “Mestinya MK mengabulkan permohonan ini dengan memberi ruang kepada masing-masing agama. Kebebasan agama itu kan dijamin di negara ini,” pungkasnya.

Berikan Komentar