MEDIAJURNAL » Lifestyle » Kereta Gantung Sepanjang 42 Kilometer Segera Hadir di Kota Bandung

Kereta Gantung Sepanjang 42 Kilometer Segera Hadir di Kota Bandung

Written by on |
Kereta Gantung

Kereta Gantung / faberpeaksingapore.com

Kabar gembira untuk anda warga kota Bandung, dalam waktu dekat kota tercinta anda akan mempunya moda transportasi baru yaitu Cable Car atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama kereta gantung. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, untuk awalnya, kereta gantung tersebut masih berupa uji coba.

Setelah uji coba nanti berhasil, Pemerintah Kota Bandung baru akan melelang proyek tersebut. “Jadi prototipe dulu, kalau udah sukses nanti baru dilelang,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Kamis, 3 September 2015.

Pada fase uji coba ini, PT Aditya Dharmaputra Persada ditunjuk oleh Pemkot Bandung untuk membangun infrastruktur sepanjang 800 meter dari Jalan Gelap Nyawang sampai Cihampelas. Direncanakan, rute kereta gantung Bandung akan dibangun hingga sepanjang 42 kilometer.

Advertisements

“Dari 42 kilometer, 800 meter dulu prototipe, dari Gelap Nyawang sampai Cihampelas,” terang pria yang akrab disapa Emil itu, dikutip dari Merdeka.com, Jumat, 4 September 2015.

Pemilihan rute Gelap Nyawang – Cihampelas untuk uji coba bukan tanpa alasan, wilayah tersebut dipilih karena merupakan jalur wisata alam dan belanja. Tidak jauh dari wilayah tersebut terdapat Kebun Binatang Bandung, sedangkan di Cihampelas berderet toko fashion dan factory outlet.

Adapun untuk peletakan batu pertama akan dimulai pada Desember 2015 nanti, sedangkan untuk sosialisasinya dimulai pada pekan depan. “Mulai pekan depan sosialisasinya,” katanya.

Terkait dana uji coba, Emil menjelaskan bahwa dana pembangunan berasal dari PT Aditya Dharmaputra Persada sendiri. “Kalau prototipe ini bisa tunjuk langsungkan, jadi dananya dari mereka. Nanti mereka yang akan hitung balik modal berapa tahun,” pungkasnya.

Berikan Komentar