MEDIAJURNAL » Bisnis » Kereta Cepat Jakarta-Bandung Buatan China Mulai Dibangun April 2016

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Buatan China Mulai Dibangun April 2016

Written by on |
Kereta Api Cepat Buatan China

Kereta Api Cepat Buatan China / inhabitat.com

Direktur Utama KAC Indonesia-China, Hanggoro, memberikan bocoran bahwa mega proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya akan dimulai pada April 2016 mendatang. Hanggoro berharapĀ Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan dukungan penuh terhadap pembangungan proyek tersebut.

Kereta cepat Jakarta-Bandung, menurut Hanggoro, akan bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta dan Bandung. “Ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di sepanjang koridor ini,” kata Hanggoro di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Selasa, 24 November 2015.

Hanggoro mengatakan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Pemprov Jabar dan Pemprov DKI Jakarta sekarang ini sedang bersama-sama melakukan analisis dampak lingkungan atas pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Advertisements

“Amdal sedang dalam proses dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perda-perda terkait sudah dipersiapkan baik oleh Jawa Barat maupun DKI Jakarta,” terang Hanggoro, dikutip dari Merdeka.com, Rabu, 25 November 2015.

Kereta cepat Jakarta-Bandung, lanjut Hanggoro, akan mengambil rute Halim Perdanakusumah, Kota baru Walini, Padalarang dan Gede Bage. Proyek tersebut diperkirakan akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, yakni USD 5,5 miliar atau setara Rp 70 triliun. Biaya tersebut sebagian besar ditanggung oleh China Development Bank.

“Pendanaan 75 persen dari China Development Bank, sisanya 25 persen dari 4 konsorsium itu. Projek ini skemanya business to business. BUMN tidak boleh dan tidak ada jaminan negara,” pungkasnya.

Berikan Komentar