MEDIAJURNAL » Sosial » Keluarkan Suara Dentuman dan Lava Pijar, Status Gunung Slamet Siaga

Keluarkan Suara Dentuman dan Lava Pijar, Status Gunung Slamet Siaga

Written by on |
Gunung Slamet

Gunung Slamet / merdeka.com

Selasa (9/9/2014) kemarin, Gunung Slamet kembali mengeluarkan dentuman dan suara gemuruh, suara dentuman dan gemuruh tersebut terdengar hingga radius 10 kilometer. Status gunung slamet pun dinaikan menjadi siaga dari status sebelumnya waspada.

Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang ini juga mengeluarkan material lava pijar dari puncak gunung. Peningkatan aktivitas vulkanis Gunung Slamet membuat warga sekitar panik.

Karena statusnya sudah berubah dari waspada menjadi siaga, maka warga di sekitar gunung dilarang untuk berada atau mendekati gunung dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Slamet. Dilansir dari sindonews.com, Rabu (10/9/2014), tim SAR dan anggota TNI yang sudah siaga di Gunung Slamet meminta warga sekitar gunung untuk tidak panik.

Advertisements

Tim Sar dan TNI menghimbau warga untuk menyiapkan keperluan mengungsi dan juga mengamankan barang-barang berharga bila sewaktu-waktu terjadi erupsi. Gunung Slamet diketahui aktif dan terjadi erupsi terakhir kali pada bulan Mei 2019 lalu, pada maret 2014  Gunung Slamet menunjukkan aktifitas  lagi sehingga statusnya menjadi waspada

Berikan Komentar