MEDIAJURNAL » Sosial » Keluarga Ponari Si Dukun Cilik Asal Jombang Kini Jadi Miskin Lagi?

Keluarga Ponari Si Dukun Cilik Asal Jombang Kini Jadi Miskin Lagi?

Written by on |
Dukun Cilik Ponari

Dukun Cilik Ponari / Detik.com

Anda masih ingat Muhammad Ponari? bocah asal Jombang, Jawa Timur, yang pada tahun 2019 silam sempat membuat geger karena telah menemukan batu ajaib yang diklaim punya kekuatan bisa menyembuhkan orang sakit?

Sejak itu, Ponari kondang hingga ke pelosok negeri sebagai dukun cilik sakti, keluarga Ponari pun mendadak kaya karena banyaknya pasien yang datang. Rumah Ponari yang sebelumnya hanya beralaskan tanah kemudian dibangung jadi rumah yang lebih bagus.

Bahkan, Ponari sempat berhenti sekolah hingga tiga tahun hanya untuk menekuni profesi sebagai penyembuh orang sakit. Apa kabar Ponari sekarang? apakah masih sesakti dulu? apakah masih banyak pasien yang datang ke rumahnya?

Advertisements

Mbok Legi, Nenek Ponari, mengatakan pasien ponari dalam beberapa tahun belakangan sudah sepi. Tak jarang, dalam sehari tidak ada satu pasien pun yang datang. “Sekarang tak menentu. Kadang ada satu orang, kadang sepi pasien,” ungkap Mbok Legi, dikutip dari Kompas.com, Jumat, 29 April 2016.

Ponari yang akhirnya sekolah lagi sempat mengikuti ujian nasional (UN) kelas 6 SD, namun sayang dia tidak lulus. Meski begitu, Ponari tidak menyerah, tahun 2015 lalu dia mengikuti ujian kejar paket A dan berhasil lulus.

Sekarang Ponari bersekolah di sebuah Madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah Islam setingkat SMP.¬†“Tahun kemarin ikut ujian di program paket A alhamdulillah lulus. Sekarang melanjutkan lagi ke sekolah Tsanawiyah. Baru kelas satu,” lanjut Mbok Legi.

Tidak seperti dulu, kondisi ekonomi keluarga Ponari kini relatif susah. Uang sebesar Rp 1 miliar, yang didapat Ponari semasa jayanya kini telah habis. Bahkan, Mukaromah, ibunda Ponari, mengalami kesulitan keuangan untuk melahirkan putra keduanya (adik Ponari).

Berikan Komentar