MEDIAJURNAL » Kriminal » Kartu ATM BCA Tertelan Lalu Tertipu Call Center Palsu, Rp 20 Juta Lenyap

Kartu ATM BCA Tertelan Lalu Tertipu Call Center Palsu, Rp 20 Juta Lenyap

Written by on |
Transaksi ATM

Transaksi ATM / testnewsonline.com

Karena kurang berhati-hati, nasib sial dialami oleh seorang pria warga Kecamatan Pinang, Tangerang, Banten. Pria bernama Imam S terpaksa itu harus merelakan uang 20 juta dalam rekening Bank Central Asia (BCA) miliknya lenyap lantaran menjadi korban penipuan bermodus kartu ATM tertelan.

Kejadian bermula saat Imam berniat mengambil uang di Automated Teller Machine (ATM) BCA yang berlokasi di depan Perumahan Pinang Griya Permai, Tangerang, Banten, pada Sabtu (27/9/2014) pukul 11.00 WIB.

Saat melakukan pengambilan uang, ATM BCA Imam tiba-tiba bermasalah dan tidak bisa digunakan mengambil uang serta tidak bisa dikeluarkan juga, setelah itu tiba-tiba ada seseorang pria tidak dikenal masuk ATM dan menyarankan agar Imam menelpon nomor call center bank BCA palsu yang tertempel di mesin ATM untuk melaporkan masalah ATM-nya.

Advertisements

“Di mesin ATM itu ada nomor ‘call center’ dengan logo BCA di atasnya. Saya mengira itu nomor resmi BCA, Karena cuma ada nomor itu, dan ada stiker yang tampak seperti resmi dari BCA, saya coba meneleponnya,” ujar Imam lirih, Sabtu (27/9),

Saat menelpon nomor call center palsu itu Imam diminta untuk memberikan nomor Personal Identification Number (PIN) ATM miliknya dengan dalih akan digunakan untuk memblokir kartu ATM Imam, karena belum sadar bahwa orang yang diajaknya berbicara itu adalah seorang penipu Imam pun memberikan nomor PIN  ATM-nya.

Setelah itu Imam meninggalkan ATM, di perjalalan pulang, Imam yang penasaran kemudian memastikan nomor call center dengan mencoba mencari tahu sendiri, dari situ Imam tahu bahwa nomor call center bank BCA yang bari saja dia telpon berbeda dengan nomor call center yang baru saja dia cari sendiri.

Imam pun langung berinisiatif menghubungi nomor call center yang dia cari tahu sendiri itu, saat itu juga dia lemas karena call center asli bank BCA memberi tahu adanya transaksi penarikan sebesar Rp 10 juta melalui rekeningnya dan transaksi transfer sebesar Rp 10 juta ke sebuah rekening Bank Mandiri, Imam langsung melaporkan kejadian tersebut ke ke Polsek Cipondoh Tangerang.

“Namun di perjalanan, saya coba cek lagi, ternyata nomornya berbeda, di situ saya mulai sadar, Lemes saya dengernya” tandasnya seperti dikutip dari merdeka.com, Minggu (28/9/2014)

Berikan Komentar