MEDIAJURNAL » Lifestyle » Kantong Plastik Hitam Berbahaya Bagi Kesehatan, Bisa Sebabkan Kanker

Kantong Plastik Hitam Berbahaya Bagi Kesehatan, Bisa Sebabkan Kanker

Written by on |
Kantong Plastik Hitam

Kantong Plastik Hitam / kitchencounterchronicle.com

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya, banyak ancaman penyakit datang dari lingkungan dan juga makanan, memilih-milih makanan yang sehat dan tidak mengandung bakteri penyakit adalah langkah yang bijak, namun cukupkah sampai di situ?

Tidak! memilih makanan saja sekarang ini tidak cukup dalam menjaga kesehatan, kita juga harus selalu mendapatkan informasi terbaru tentang apa saja yang bisa membahayakan kesehatan kita, seperti kesadaran kita akan bahaya kantong kresek atau kantong plastik yang berwarna hitam.

Hampir semua kantong kresek berwarna hitam mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, seperti diungkapkan oleh Dra Indriaty Tubagus Apt MKes, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang.

Advertisements

Dra Indriaty menjelaskan, kantong plastik berwarna hitam bahan baku pembuatannya tidak jelas, tidak seperti kantong plastik berwarna terang atau putih. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan produsen kantong plastik berwarna hitam membuat kantong tersebut dengan bahan baku limbah rumah tangga, industri, bahkan limbah rumah sakit.

Tak heran bila kantong plastik tersebut bersentuhan dengan makanan atau dipakai untuk membungkus makanan bisa membahayakan kesehatan. “Kantong hitam digolongkan berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan,” kata Dra Indriaty seperti dikutip dari JPNN, Sabtu (15/11/2014).

Lebih jauh, Dra Indriaty mengatakan, bahaya penyakit kanker mengancam pada orang yang sering memakan makanan yang bersentuhan dengan kantong plastik hitam. Dra Indriaty berharap masyarakat lebih hati-hati dan teliti saat membeli makanan, jangan mau bila penjual makanan membungkus makanan yang dibeli dengan kantong plastik hitam.

“Masyarakat harus kritis, kalau misalnya membeli makanan, dan kantong hitam langsung digunakan sebagai wadah tanpa ada alas lain.” pungkasnya.

Berikan Komentar