MEDIAJURNAL » Nasional » Kanker Paru-paru Suhardi Sulit Disembuhkan, Keluarga Diminta Pasrah

Kanker Paru-paru Suhardi Sulit Disembuhkan, Keluarga Diminta Pasrah

Written by on |
Ketua Umum Gerindra Suhardi

Ketua Umum Gerindra Suhardi / viva.co.id

Kanker Paru-paru Stadium 4 yang diderita Ketua Umum Gerindra Suhardi membuat kesehatannya semakin kritis, bahkan Dokter Mardjo Soebiandono, direktur utama PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) menyatakan bahwa penyakit Suhardi sulit diobati karena sudah menjalar ke mana-mana.

Dokter Mardjo menjelaskan bahwa kanker yang ada di tubuh Ketua Umum Partai Gerindra tersebut sudah menyebar ke liver, tulang dan selaput jantung. “Penyakitnya sudah menyebar ke liver, ke tulang, dan ke selaput jantung,” ujar Mardjo Soebiandono di RSPP, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Menurut Dokter Mardjo, kanker paru-paru stadium 4B yang diderita Suhardi dalam istilah medis masuk kategori Dubia ad Malam artinya, Meragukan, cenderung buruk, sulit untuk berakhir dengan baik atau sulit disembuhkan. Penderita atau keluarga orang yang menderita sakit dalam kategori Dubia ad Malam diminta pasrah dan banyak berdoa.

Advertisements

“Kondisinya secara medis adalah dubia atau ragu-ragu (terobati atau tidak). Penyakit itu sulit, karena memang tidak ada obatnya,” terangnya seperti dilansir dari Liputan6, Rabu (27/8/2014).

Meskipun demikian, lanjut Dokter Mardjo, keadaan Suhardi dandingkan kemarin keadaannya jauh lebih baik bahkan sudah mulai sadar dan bisa berkomunikasi dengan anaknya. “Tensinya 100/67, nadinya 120-an. Lebih bagus dari kemarin, ia setengah sadar. Tapi sama anaknya bisa bicara,” pungkasnya.

Berikan Komentar