MEDIAJURNAL » Nasional » Jusuf Kalla Ungkapkan Subsidi BBM di Indonesia per Hari Rp 1 Triliun

Jusuf Kalla Ungkapkan Subsidi BBM di Indonesia per Hari Rp 1 Triliun

Written by on |
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla / indopos.co.id

Menyikapi wacana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Wakil Presiden terpilih Indonesia periode 2014-2019 Jusuf Kalla membeberkan besaran nilai subsidi BBM yang harus ditanggung pemerintah setiap harinya.

Jusuf Kalla menjelaskan bahwa setiap hari pemerintah Indonesia memberikan subsidi BBM Rp 1 triliun, dia menilai nilai subsidi sebesar itu akan lebih efektif bila dialokasikan ke sektor perumahan.

“Daripada kita kasih subsidi BBM Rp 1 triliun sehari, lebih baik kasih subsidi seminggu ke perumahan. Itu selesai semua subsidi bunga,” ujar Jusuf Kalla, di acara bincang-bincang bersama pengembang Real Estat Indonesia, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Advertisements

Jusuf kalla juga menyarankan pemerintah SBY untuk menaikan harga BBM sekarang untuk menghindari antrean di SPBU yang semakin parah. Namun demikian dia tetap mempersilahkan SBY untuk tidak menaikan harga BBM karena yang berwenang terhadap BBM saat ini adalah pemerintahan SBY.

“Kalau (dinaikan) sekarang, itu untuk mengamankan pemerintah sekarang dan jangan terjadi antrean. Kalau pemerintah sekarang ingin antrean terjadi terus-menerus, silakan saja,” jelasnya seperti dilansir dari detik.com, Kamis (28/8/2014).

Seperti halnya Jokowi yang sudah meminta secara langsung kepada Presiden SBY untuk menaikan harga BBM, Jusuf Kalla pun demikian, dia mengaku sudah meminta langsung kepada SBY untuk menaikan harga BBM segera, namun SBY menolaknya.

“Saya sudah sampaikan, tadi malam memang secara khusus saya meminta kepada Presiden SBY untuk menekan defisit APBN dengan menaikkan harga BBM. Beliau menyampaikan bahwa saat ini kondisinya dianggap masih kurang tepat menaikkan harga BBM,” pungkasnya.

Berikan Komentar