MEDIAJURNAL » Dunia » Jenderal Prayuth Direstui Raja Thailand Bhumibol Jadi Perdana Menteri

Jenderal Prayuth Direstui Raja Thailand Bhumibol Jadi Perdana Menteri

Written by on |
Jenderal Prayuth dan Raja Bhumibol

Jenderal Prayuth dan Raja Bhumibol / scmp.com

Panglima militer Jenderal Prayuth Chan-ocha direstui oleh Raja Thailand Bhumibol Adulyadej untuk menjabat sebagai Perdana Menteri baru Tahiland. Prayuth Chan-ocha akan menjadi pemimpin Thailand hingga pelaksanaan pemilu Thailand tahun 2015.

Jenderal yang memimpin kudeta terhadap PM Thailan sebelumnya Yingluck Shinawatra ini menyerukan kepada seluruh rakyat Negeri gajah Putih itu untuk bersatu membantunya dalam menjalankan pemerintahan baru Tahilan sesuai demokrasi, dia menyatakan siap bekerja keras.

“Dan aksi kudeta yang dilakukan militer merupakan cara untuk mengakhiri kebuntuan berkepanjangan, Saya siap bekerja dan siap lelah” ujar Prayuth Chan-ocha.

Advertisements

Dari BBC, Senin (25/8/2014) mewartakan, Prayuth Chan-ocha telah menyusun dan menujuk beberapa menteri yang akan membantunya dalam pemerintahan baru Thailand, selain itu PM Prayuth juga membentuk dewan reformasi yang beranggotakan 250 orang.

Pemerintah thailand bergejolak sejak bulan November 2012 silam ketika PM Yingluck Shinawatra saat itu mengajuka UU Amnesti yang diduga akan digunakan Yingluck sebagai dalih untuk memulangkan kakaknya Thaksin Shinawatra ke tanah airnya tanpa menghadapi ancaman hukum.

Puncaknya pada bulan Mei 2014 silam terjadi demo besar-besaran di Thailand yang akhirnya melengserkan posisi Yingluck Shinawatra sebagai Perdana menteri setelah dikudeta oleh militer yang dipimpin oleh Jenderal Prayuth Chan-ocha

Berikan Komentar