MEDIAJURNAL » Bisnis » Jebakan Harga di Rumah Makan Seafood, Seporsi Udang Rp 3,3 Juta

Jebakan Harga di Rumah Makan Seafood, Seporsi Udang Rp 3,3 Juta

Written by on |
Rumah Makan Seafood

Rumah Makan Seafood di China / people.cn

Rumah makan atau restoran yang melancarkan trik  jebakan betmen pada daftar menu makanannya rupanya tidak Hanya terjadi di Indonesia. Baru-baru ini, Seorang pengunjung rumah makan seafood di kota Qingdao, China, dibuat kaget dengan harga seporsi udang yang mahalnya gila-gilaan.

Pada awalnya, sebelum memesan makanan, pengunjung restoran yang diketahui bernama Zhu itu melihat harga satu porsi udang di daftar menunya adalah 38 yuan atau setara Rp 83 ribu dengan kurs rupiah saat ini. Karena merasa cocok, Zhu pun memesan seporsi udang bersama dengan menu hidangan lainnya di restoran tersebut.

Selang beberapa saat kemudian, hidangan pesanan Zhu datang dan dia melahap dengan nikmat seporsi udang gorang yang berisi 40 ekor udang. Zhu kemudian melahap hidangan lainnya yang juga tidak kalah enak. Seperti biasa, selesai makan, Zhu memanggil pelayan untuk membayar makanannya.

Advertisements

Betapa kagetnya Zhu saat melihat tagihan makanannya yang sampai 2700 yuan atau setara dengan Rp 6 jutaan. Dalam daftar tagihan makan yang diterima Zhu, terlihat satu porsi udang dihargai dengan 1520 yuan atau setara Rp 3,3 juta, bukan 38 yuan atau Rp 83 ribu.

Zhu yang tidak terima serta merasa ditipu bersikeras untuk tidak membayar makanan yang dia makan sesuai tagihan yang diberikan. Pelayan restoran tersebut lalu menjelaskan bahwa harga 38 yuan yang Zhu lihat sebelumnya bukanlah harga seporsi udang namun harga seekor udang.

Zhu pun semakin murka ketika melihat lagi bahwa memang di menu tersebut ditulis 38 yuan untuk satu ekor, namun cetakan tulisannya terlalu kecil, sehingga terlihat seolah memang jebakan betmen. Mengutip dari BBC, Kamis, 8 Oktober 2015, pelayan restoran lalu mengancam Zhu dengan pentungan agar Zhu tetap membayar makanannya.

Karena kondisi di restoran semakin tidak kondusif, keduanya lalu sepakat untuk memanggil polisi guna menengahi masalah tersebut. Setelah keduanya bernogosiasi, akhirnya Zhu mau membayar total seluruh makanannya sebesar 2000 yuan atau setara dengan Rp 4.4 jutaan.

Berikan Komentar