MEDIAJURNAL » Dunia » ISIS Bunuh 80 Warga Etnis Yazidi Karena Menolak Pindah Agama Islam

ISIS Bunuh 80 Warga Etnis Yazidi Karena Menolak Pindah Agama Islam

Written by on |
Pasukan ISIS

Pasukan ISIS / veooz.com

Etnis Yazidi diketahui merupakan sebuah etnis yang menggunakan bahasa kurdi dan mempraktekkan sinkretisme agama yang menggabungkan Syiah dan Sufi Islam dengan tradisi adat rakyat daerah, tak heran meraka menjadi bulan-bulanan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dalam melakukan operasinya.

Baru-baru ini ISIS mengklaim telah membunuh 80 laki-laki etnis Yazidi karena mereka menolak untuk menjadi mualaf atau masuk Islam, Peristiwa pembantaian tersebut berlangsung di Desa Kojo, utara Irak. Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (16/8/2014), Desa Kojo dikuasai oleh ISIS selama 5 hari dan memaksa seluruh penduduk desa dari etnis Yazidi memeluk agama Islam.

Warga etnis Yazidi di Desa Kojo menolak permintaan ISIS untuk menjadi mualaf, hal tersebut membuat ISIS murka. Pasukan ISIS kemudian mengumpulkan semua laki-laki Yazidi untuk dieksekusi, 80 orang lelaki etnis Yazidi akhirnya meninggal di tempat mereka dikumpulkan.

Advertisements

Mahama Khalil, salah satu anggota parlemen Irak mengungkapkan bahwa pembantaian 80 pria etnis Yazidi berlangsung selama satu jam. Sejak ISIS menguasai sebagaian wilayah utara Irak dan Suriah setidaknya 400.000 orang warga etnis yazidi terusir dari tempat tinggalnya.

Berikan Komentar