MEDIAJURNAL » Bisnis » Inilah Cara Mengenali Beras Sintetis dari Plastik yang Sedang Heboh Itu

Inilah Cara Mengenali Beras Sintetis dari Plastik yang Sedang Heboh Itu

Written by on |
Beras Plastik

Beras Plastik / Tribun News

Hari-hari ini anda harus lebih berhati-hati lagi ketika akan membeli beras karena sedang marak beredar beras sintetis. Sebagaimana namanya, beras sintetis adalah beras yang dibuat dari bahan tidak alami yaitu dari plastik yang tentu saja sangat berbahaya untuk kesehatan.

Beras sintetis yang beredar di pasaran saat ini sebetulnya tidak terlalu susah untuk dikenali. Inspektur Satu Anang Prabowo, anggota Unit Industri dan Perdagangan Direktorat Krimininal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya menurutkan bahwa hanya dengan melihatnya langsung beras sintetis mudah dibedakan.

Menurut Anang, yang relatif susah membedakan beras plastik atau bukan adalah ketika sudah dimasak. “Sangat mudah, secara kasat mata kelihatan. Kalau dimasak kayak nasi seperti biasa saja,” ujar Anang di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Rabu, 20 Mei 2015.

Advertisements

Lebih jauh, Anang menjelaskan bahwa beras plastik secara umum mempunyai tiga ciri khusus, yaitu memiliki serat dan berujung bening, jika digigit susah dipotong maupun dikunyah, dan jika dibakar tidak meleleh.”Kami sudah tes, ternyata kalau dibakar tidak meleleh,” terangnya, dikutip dari Tempo.co, Kamis, 21 Mei 2015.

Anang menghimbau agar masyarakat selalu mengingat tiga ciri khusus beras sintetis atau beras plastik itu agar jangan sampai teledor membelinya. Anang menegaskan bahwa plastik sangat tidak layak untuk dikonsumsi makhluk hidup.  “Plastik dimakan sangat tidak baik,” pungkasnya.

Berikan Komentar