MEDIAJURNAL » Sosial » Hoax Berita Ratna Sarumpaet Rela Menari di Monas, Ini Tanggapan Tempo

Hoax Berita Ratna Sarumpaet Rela Menari di Monas, Ini Tanggapan Tempo

Written by on |
Hoax Berita Ratna Sarumpaet

Hoax Berita Ratna Sarumpaet / Tempo.co

Di media sosial Facebook dan Twitter, beberapa hari dihebohkan dengan beredarnya screenshot berita yang diklaim dari situs berita Tempo.co dengan judul “Ratna Sarumpaet: Kalau Ahok Maju Via Jalur Independen, Saya Rela Menari Bugil di Monas” tertanggal 7 Maret 2016, pukul 05.14 WIB.

Namun belakangan, diketahui bahwa Screenshot berita tersebut hanyalah hoax. Hal itu dikonfirmasi oleh Burhan Sholihin, Redaktur Eksekutif Tempo.co. “Berita tersebut adalah hoax yang dibuat dan diposting oleh orang di media sosial,” kata Burhan, di Jakartae, Selasa, 8 Maret 2016.

Menurut Burhan, media online Tempo.co tidak pernak membuat judul berita yang panjangnya lebih dari 60 karakter karena sistem posting di website Tempo.co membatasi panjang judul yang bisa dibuat hanya sampai 60 karakter. Sementara, Screenshot yang menghebohkan tersebut jika dihitung mempunyai panjang 85 karakter.

Advertisements

“Judul itu ada 85 huruf. Sementara sistem di Tempo.co tidak memungkinkan membuat judul lebih dari 60 karakter,” terang Burhan, sebagaimana dikutip dari Tempo.co, Rabu, 9 Maret 2016.

Atas kejadian tersebut, Burhan menghimbau agar masyarakat, khusunya netizen, agar lebih berhati-hati lagi dalam menerima dan menyebarkan informasi. “Dicek dan ricek dulu. Sebab, banyak media sosial yang dimanfaatkan dan dijadikan kampanye hitam,” katanya.

Pihak Tempo sendiri, lanjut burhan, sudah berusaha menghubungi Ratna Sarumpaet untuk memberikan klarifikasi bahwa tempo tidak pernah menayangkan berita seperti yang ada pada Screenshot itu. Namun hbeluma ada tanggapan dari aktivis hak asasi manusia yang juga tergabung dalam gerakan #LawanAhok tersebut.

Berikan Komentar