MEDIAJURNAL » Sosial » Gunung Lawu Terbakar Akibat Pendaki yang Lupa Mematikan Perapian

Gunung Lawu Terbakar Akibat Pendaki yang Lupa Mematikan Perapian

Written by on |
Hutan Terbakar

Hutan Terbakar (Ilustrasi) / Antara

Lereng Gunung Lawu terbakar pada Sabtu (16/8/2014) malam, penyebab terbakarnya lereng gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut adalah kecerobohan para pendaki Gunung Lawu

Perapian yang dibuat oleh para pendaki yang lupa dipadamkan memicu terjadinya titik api yang membakar jalur pendakian seluas 3 hektar. Kondisi lereng yang penuh ilalang kering membuat membuat api dengan cepat Menyebar.

“Ada pendaki yang lalai mematikan perapian, kemudian mengakibatkan terjadinya kebakaran. Padahal di sekitar tempat tersebut penuh ilalang yang kering. Kondisi tumbuhan yang kering membuat api cepat membakar lokasi yang masih masuk kawasan Hutan Lindung tersebut,” Marwoto, Asisten Perhutani BKPH Lawu Selatan, Jawa Timur, dilansir dari merdeka.com, Minggu (17/8/2014).

Advertisements

Untuk menghindari bahaya bagi para pendaki, Perhutani BKPH Lawu Selatan terpaksa menutup seluruh jalur pendakian akibat kebakaran ini. Marwanto juga menyatakan akan memantau jalur-jalur alternatif yang biasanya digunakan oleh para pendaki agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ada beberapa jalur tikus yang biasanya digunakan pendaki juga. Kita juga memantau jalur tersebut, agar tidak jatuh korban jiwa,” jelasnya.

“Skenario terburuk yang akan kita lakukan dengan memutus laju api. Kita babat tumbuhan atau buatkan aliran khusus,” pungkasnya.

Menurut marwanto Perhutani Jateng sudah melakukan koordinasi dengan tim SAR, Polres setempat serta relawan Gunung Lawu. Bila api masih sulit dipadamkan langkah yang akan diambil adalah memutus laju api dengan cara mebabat habis tumbuhan dijalur laju api.

“Skenario terburuk yang akan kita lakukan dengan memutus laju api. Kita babat tumbuhan atau buatkan aliran khusus,” pungkasnya.

Berikan Komentar