MEDIAJURNAL » Nasional » Gitar Bass Jokowi Bertanda Tangan Robert Trujillo Metallica Siap Dilelang

Gitar Bass Jokowi Bertanda Tangan Robert Trujillo Metallica Siap Dilelang

Written by on |
Gitar Bass Jokowi Bertanda Tangan Robert Trujillo

Gitar Bass Jokowi Bertanda Tangan Robert Trujillo / kompas.com

Pada mei 2013 silam Presiden Terpilih Jokowi yang saat itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta diberi sebuah bass bertanda tangan Robert Trujillo, bassist band Metallica. Gitar bass bermerek Ibanez itu merupakan pemberian dari promotor musik Jonathan Liu.

Pada bass yang sejatinya milik dari teman Jonathan Liu bernama Shenkar itu tertulis “giving back“, oleh Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono tulisan itu diartikan mengharapkan balas jasa dari jokowi untuk menyukseskan konser Metallica di Jakarta, akhirnya bass itu pun disita KPK.

Juru bicara KPK, Johan Budi, Sabtu (20/9/2014) mengungkapkan rencana KPK yang akan melelang gitar berwarna merah marun itu dalam waktu dekat bersamaan dengan pelelangan barang-barang gratifikasi atau sitaan KPK lainnya.

Advertisements

“Gitar itu masih tersimpan di museum gratifikasi KPK bersama barang sitaan lainnya. Nanti suatu saat akan dilelang,” ungkap Johan Budi, Sabtu (20/9/2014)

Gitar Bass Jokowi itu menurut Johan statusnya sudah menjadi barang milik negara, jadi meskipun secara fisik gitar tersebut berada di gedung KPK namun status kepemilikannya bukan ditangan KPK lagi.

Seperti diketahui, sejak Rabu (17/9/2014) museum gratifikasi di gedung KPK memajang gitar bass tersebut sebagai sarana untuk memberikan kesadaran kepada para pejabat tanah air bahwa pemberian barang yang terindikasi masuk kategori gratifikasi harus dilaporkan KPK.

“Gitar sudah diserahkan ke negara melalui Kemenkeu, kita meminjam untuk dipajang di KPK sebagai contoh-contoh gratifikasi yang dilaporkan. Paling tidak memberikan kesadaran kepada pejabat bahwa harus dilaporkan,” terangnya sepertii dilansir dari sindonews.com, Minggu (21/9/2014).

Berikan Komentar