MEDIAJURNAL » Lifestyle » Gisele Marie Rocha, Wanita Pakai Burqa Jadi Gitaris Band Heavy Metal

Gisele Marie Rocha, Wanita Pakai Burqa Jadi Gitaris Band Heavy Metal

Written by on |
Gitaris Muslimah Gisele Marie Rocha

Gitaris Muslimah Gisele Marie Rocha / dailymail.co.uk

Fenomena seorang wanita yang sangat jago bermain gitar sudah bukan hal yang baru lagi di dunia musik. Namun bagaimana bila ada wanita yang kesehariannya memakai burqa, seperti muslimah di Afganistan dan Pakistan, tapi jago bermain gitar, bahkan profesinya adalah gitaris band heavy metal.

Dialah Gisele Marie Rocha, 42 tahun, seorang muslimah asal Sao Paulo, Brasil, gitaris band heavy metal Brasil bernama ‘Spectrum’. Kisah Gisele Marie ini kembali diangkat oleh Daily Mail di salah satu liputannya yang dipublish pada Kamis, 24 September 2015 lalu.

Gisele Marie pada tahun 2012 silam sudah menjadi perbincangan di dunia maya setelah salah satu video aksi dia bermain gitar beredar di situs Youtube. Dia sendiri mengaku tidak ambil pusing atas pandangan orang terhadap dirinya yang mengenakan burqa, karena bagi dia, agama dan musi adalah dua hal yang berbeda.

Advertisements

“Saya tidak peduli tentang bagaimana orang melihat saya karena burqa yang saya pakai.┬áNamun saya berharap orang-orang mengerti bahwa Islam hanya agama saya dan musik adalah profesi saya. Lebih jauh, kedua hal tersebut hanyalah karakteristik personal saya,” ujar Gisele Marie.

Dia menegaskan bahwa fokusnya sehari-hari adalah musik, sehingga statusnya sebagai seorang wanita muslim tidak mempengaruhi warna musik yang dia tampilkan. “Musik adalah fokus saya dan fakta bahwa saya seorang muslimah tidak mempengaruhi preferensi musik saya,” tegasnya.

Gisele Marie mengaku tumbuh dan besar dari keluarga Katolik. Saat sang ayah meninggal pada tahun 2009 silam, dia memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Keluarga besarnya tidak mempermasalahkan pilihan yang dia ambil untuk jadi muslimah, bahkan keluarganya malah mendukungnya.

“Saya datang dari keluarga Katolik, tapi saya tidak punya masalah dengan keluarga terkait fakta saya telah menjadi seorang wanita muslim. Pada praktiknya, mereka malah mendukung saya,” lanjutnya.

Terkait busana yang dia pakai tidak lazim ada di panggung musik, khususnya musik heavy metal, Gisele Marie merasa baik-baik saja dan tidak merasa kesulitan manggung dengan burqa. Bahkan dia mengaku bisa saja memanjat sebuah tembok dengan tetap memakai burqa.

“Bagi saya, ini adalah busana yang normal. Saya bahkan berfikir bisa memanjat tembok dengan busana yang saya pakai sekarang, saya tidak mempunyai kesulitan dengan busana ini,” pungkasnya.

Berikan Komentar