MEDIAJURNAL » Dunia » Gelombang Suhu Panas India, Ribuan Orang Tewas dan Jalanan Meleleh

Gelombang Suhu Panas India, Ribuan Orang Tewas dan Jalanan Meleleh

Written by on |
Jalan Aspal Meleleh di India

Jalan Aspal Meleleh di India / Tribun News

Sekira 1400 warga India dilaporkan tewas akibat serangan gelombang suhu panas yang melanda negara tersebut. Dari ribuan orang yang tewas, diketahui kebanyakan berasal dari para tunawisma, pekerja konstruksi dan buruh yang bekerja di luar ruangan, seperti dikutip dari CNN, Jumat, 29 Mei 2015.

Suhu ekstrem yang melanda India tergolong sangat berbahaya hingga pemerintah India meminta kepada seluruh warganya untuk menunda bepergian ke luar rumah. Serangan suhu panas di India mengancam para lansia dan juga anak-anak karena lebih rentan terkena dehidrasi hingga serangan stroke akibat suhu panas.

Daerah yang terkena serangan suhu panas di India relatif merata, mulai dari kota Allahabad, New Delhi, Gujarat, Bengal Barat, Orissa, dan Telangana. Kawasan Telangana merupakan kawasan yang terkena serangan gelombang suhu panas terparah. Di tempat tersebut sumur-sumur mulai kering, tanah banyak yang retak, serta aspal jalan raya yang meleleh karena panasnya suhu yang mencapai 48 derajat celcius.

Advertisements

Adapun suhu rata-rata pada kawasan yang terserang gelombang panas di India adalah 45 derajat celcius. Ahli cuaca di India memprediksi gelombang panas yang sudah terjadi sejak beberapa hari lalu itu baru akan mereda pada akhir pekan depan. Pemerintah India juga bergerak cepat dengan menyediakan posko bencana untuk menyalurkan bantuan kepada para korban suhu panas.

Berikan Komentar